Kutukan Pemecatan 8 Pelatih Asing Persib Mulai Usik Mario Gomez

KEKALAHAN 0-2 Persib Bandung dari PSMS Medan pada laga kedua penyisihan Grup A Piala Presiden 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (21/1/2018), tak boleh dianggap sepele oleh pelatih, Mario Gomez. Jika pelatih asal Argentina tersebut gagal menyetop raihan negatif Maung Bandung pada laga-laga lanjutan, posisinya sebagai arsitek bakal terasa panas.

Catatan sejarah menunjukkan Persib tak pernah sukses saat dinakhodai pelatih asing. Sudah delapan arsitek impor lengser dengan cara tidak mengenakkan.

gomezDelapan pelatih yang pernah singgah di Persib tersebut antara lain Marek Janota/Polandia (1982), Marek Andre Sledzianowski/Polandia  (2003), Juan Antonio Paez/Cile (2003-2004), Arcan Iurie Anatolievici/Moldova (2006-2007), Darko Daniel Janackovic/Serbia (2 bulan di tahun 2010), Jovo Cuckovic/Serbia (2010), dan Drago Mamic/Kroasia (2011), dan terakhir Dejan Antonic (2016).

Cerita yang dialami Dejan Antonic terasa paling memilukan. Datang ke Persib dengan rasa percaya tinggi. Pelatih yang sebelumnya menukangi Pelita Bandung Raya tersebut meyakini ia bisa mengulang sukses Djadjang Nurdjaman, yang mempersembahkan gelar Indonesia Super League 2014 dan Piala Presiden 2015.

Nakhoda asal Serbia tersebut pada musim 2014 jadi buah bibir karena sukses meloloskan PBR yang berstatus klub  ke semifinal ISL. Ia sempat digadang-gadang jadi pelatih Timnas Indonesia menggantikan Alfred Riedl seusai gagal Piala AFF 2014.

Dejan didatangkan dengan harapan bisa membantu proses regenerasi di Tim Pangeran Biru. Ia dikenal sebagai pelatih yang senang memberdayakan pemain muda. Tekanan sudah dirasakan Dejan di masa awal kepemimpinannya.

Bobotoh mulai sering membanding-bandingkan dirinya dengan Djanur, terutama ketika Persib hanya menjadi runner-up di turnamen Bali Island Cup dan Torabika Bhayangkara Cup. Di dua ajang tersebut Atep dkk. kalah bersaing dari Arema Cronus.

Apesnya langkah Persib tersendat di laga-laga awal Torabika Soccer Championship (TSC) 2016. Maung Bandung seret kemenangan.

Pada laga pembuka di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, mereka hanya bermain 1-1 melawan Sriwijaya FC. Selanjutnya Hariono cs. hanya memetik hasil draw 1-1 di markas Pusamania Borneo FC. Sempat meraih kemenangan di kandang atas Bali United 2-0, berikutnya performa Persib kembali melempem dengan hasil imbang 0-0 kontra Madura United.

Kinerja pemain-pemain bawaan Dejan layaknya Juan Belencoso, Kim Kurniawan, Hermawan, serta David Laly jadi perhatian bobotoh.

Posisi Dejan kian sulit setelah Persib dihajar Bhayangkara Surabaya United 1-4 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Ia sempat bersitegang dengan bobotoh seusai pertandingan.Lantaran tidak tahan dengan tekanan, Dejan Antonic memutuskan mengundurkan diri.

“Saya tidak merasa nyaman bekerja di bawah tekanan seperti ini,” ucap mantan pelatih Pro Duta dan Arema IPL tersebut. Manajemen Persib menujuk asisten pelatih, Herrie Setyawan, sebagai caretaker di dua laga, yakni saat menghadapi Mitra Kukar (2-1) dan Persegres Gresik United (1-2). Djadjang Nurdjaman akhirnya comeback menukangi Persib.

Melihat kasus Dejan, rasanya Mario Gomez tidak boleh meremehkan hasil negatif di turnamen prakompetisi.

***

Sumber : www.bola.com

print

You may also like...