Pedal Efek Buatan Lokal Siap Mendunia

Berawal dari pengalaman dan hobinya bermain gitar elektrik yang didukung salah satu alat yang dinamakan pedal efex, Silvanus Hardianto menciptakan Padal Efex yang tidak kalah bagus kualitasnya dengan produk dari luar negri.

Ivan panggilan akrabnya menjelaskan pada kabaronline disela-sela perkenalan produknya dalam acara Bukber Bogor Guitar Funatics 2017 di gedung Plaza Harmoni Jl. Siliwangi No.46 Kota Bogor Sabtu (10/6/2017). Sejak di bangku Sekolah Menengah Pertama, Ivan sudah mulai mencintai alat musik gitar dengan menyalurkan bakatnya bersama grup band yang dibentuknya. Namun karena pada jaman itu Ivan mempunyai uang jajan yang sangat terbatas, sehingga tidak dapat membeli pedal untuk menunjang hobi sekaligus bakatnya dalam bermain gitar.

“Waktu dulu saat saya masih sekolah, saya belum bisa membeli pedal kaya gitu. Namun saat sudah bekerja, saya mulai membeli pedal-pedal. Saya berfikir kenapa pedal-pedal ini harganya sangat mahal sekali terutama dari butik-butik luar itu, lalu saya mencoba bikin sendiri, karena kebetulan saya sempat sekolah mengambil jurusan elektro. Sampai saat ini saya baru dapat menghasilkan dua produk buatan saya sendiri, yang saya beri nama Barong Hign Distorsi dan Arjuna Over Drive, produk tersebut telah melewati reset selama 1,5 tahun dan sampai akhirnya saya menemukan formula untuk sound yang saya suka,’ tutur Ivan.

IMG-20170611-WA0005

Ivan menambahkan, saat ini produk kasil karyanya telah digunakan oleh musisi-musisi khususnya Guitaris Indonesia yang sudah tidak asing namanya di blantika musik Indonesia. Seperti Dewa Bujana (Guitaris band Gigi), Eros (Guitaris band Shela on seven), Baim (Exs Ada Band) Ridho (Guitaris Slank) Zhendy dan yang lainnya.

Ivan berharap, ke depan Efex fmpedals akan makin banyak varian dan diterima di masyarakat Indonesia.”Saya juga mau menembus pasar Internasional,” kata Ivan dengan penuh percaya diri.

Ivan pun menghimbau kepada seluruh musisi di Indonesia agar tidak ragu untuk menggunakan produk Indonesia. “Bukan hanya cukup mencintai produk Indonesia, karena sekarang sudah banyak produk Indonesia yang kualitasnya sudah sangat baik. Jadi jangan ragu untuk menggunakan produk lokal yang baik, karena keuntungan produk lokal itu ketika terjadi sesuatu dengan produk tersebut, kita gampang perbaiki,” jelasnya.

Ahmad jumaedi

print

You may also like...