Sempat Dihack, Akhirnya Situs Pemkot Bogor Normal Kembali

Setelah sehari sebelumnya website resmi Pemkot Bogor di www.kotabogor.go.id dihack dan tidak bisa diakses, akhirnya Senin (22/5/2017) kembali normal.

Seperti dalam rilis yang diterima redaksi kabaronline.co.id, Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfostandi) Kota Bogor, memastikan laman resmi milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, kotabogor.go.id sudah dapat diakses. Setelah sebelumnya, Minggu (21/05/2017) sekitar pukul 22.00 WIB laman tersebut tak bisa diakses.

“Tadi malam ditangani langsung tim IT Diskominfostandi, Alhamdullilah malam itu juga sudah dapat tertangani dan dapat dibuka webnya,” kata Kepala Diskominfostandi Kota Bogor Firdaus, Senin (22/05/2017).

Firdaus menyebut, sebelumnya laman Pemkot Bogor hanya ada tampilan gambar dan tulisan berbahasa inggris, namun pihaknya menegaskan seluruh data aman dan sudah dapat diakses kembali.

“Di hack atau tidaknya kami belum mengetahui pasti, nanti akan ada penelusuran lebih jauh lagi oleh tim. Kami sudah cek database center, semua data aman dan tidak ada yang terganggu,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi ke depan kata Firdaus, pihaknya akan mengaudit peralatan IT hingga program atau software yang telah digunakan dan akan mencari program yang dapat mengamankan jaringan dan aplikasi Pemkot Bogor. “Ini baru pertama kali terkena gangguan seperti ini, tapi tim IT kami selalu ready kalau ada masalah langsung kami respon, tapi memang mereka (IT) tidak berkantor 24 jam, tetapi ketika ada problem mereka sudah siap menanganinya,” paparnya.

Ia menerangkan, saat ini ia mendampingi Wali Kota Bogor Bima Arya di Makassar yang akan melakukan penandatangan nota kesepakatan bersama antara Kementrian Komunikasi dan Informatika dengan pemerintah daerah Kota/Kabupaten mengenai Smart City.

“Kesepakatan ini akan dilaunching di 25 Kota/Kabupaten yang akan melaksanakan Smart City tahun 2018. Mudah-mudahan kami kedepan dapat meningkatkan security (Keamanan) data milik Pemkot Bogor dengan adanya kerjasama ini,” harapnya.

Sebelumnya, Laman kotabogor.go.id hanya muncul tulisan “Black Illusion Security” dengan latar belakang hitam dan garis merah biru yang terus bergerak. Di bawahnya bertuliskan “SPEEDY-03-x404.hz-JBRXXX-MHR27-MR W42N ID-CON7EXT”.

Selain itu, juga tertera tulisan berbahasa Inggris. “Nothing Message, Nothing Saved, Nothing is Impossible, Nothing Secure, Nothing Anything. Only God can Stop Me. Remember Us – Yes…Im a Criminal, my crime is that curiosity”.

Reporter Pratama

print

You may also like...