Mentan Luncurkan Aplikasi Sistem Informasi Pertanian Berbasis Smartphone

menteri pertanian #foto denyhendrayana

MENTERI Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman meluncurkan aplikasi sistem informasi pertanian modern berbasis telepon pintar di Kota Bogor, Kamis (32/12/2016). Aplikasi ini menyediakan informasi dasar pertanian tentang teknologi pengelolaan lahan, varietas, budidaya, dan infrastruktur pendukung lainnya.

Dikatakan Amran, kondisi kemajuan teknologi informasi saat ini menciptakan suatu peluang untuk menyampaikan inovasi teknologi pertanian kepada masyarakat secara lebih murah dan efektif. Badan Litbang Pertanian pun memanfaatkan peluang itu dengan membuat aplikasi sistem informasi berbasis telepon pintar yang terintegrasi dengan Google Map.

“Aplikasi ini memungkinkan petani atau masyarakat mengetahui varietas apa yang cocok di daerah itu sehingga bisa dikembangkan,” kata Amran. Selain itu, aplikasi juga menyediakan media konsultasi online antara petani, penyuluh, peneliti dan pemangku kepentingan lainnya.

menteri pertanian #foto denyhendrayana

menteri pertanian #foto denyhendrayana

“Ada banyak peneliti dan penyuluh yang siap melayani konsultasi dengan petani,” ucapnya. Untuk tahap awal peluncuran, aplikasi hanya memuat informasi mengenai komoditas padi, jagung dan kedelai. Namun ke depan aplikasi akan dilengkapi dengan 11 komoditas pertanian lainnya.

Aplikasi ini juga diharapkan bisa membantu petani di Indonesia untuk mengembangkan komoditas serta secara bertahap bisa mengurangi disparitas harga komoditas pertanian. Dalam jangka panjang, aplikasi juga memungkinkan memangkas rantai distribusi komoditas pertanian yang panjang.

[DeniHendrayana]

print

You may also like...