Gara-gara GTP, Kota Bogor Bakal Miliki Julukan Baru

Gerakan menanam pohon yang dilakukan komunitas gerakan tanam pohon (GTP) di wilayah Kota Bogor, patut diacungi jempol. Bahkan tak terasa 1 tahun sudah usia komunitas ini melakukan gerakan menanam berbagai jenis tanaman.

Gerakan yang tak pernah berhenti dengan menanam berbagai jenis tanaman terutama pohon jambu jamaika ini, diprediksi bisa bisa menambah julukan baru bagi Kota Bogor setelah sebelumnya menyandang julukan kota hujan. Seperti dituturkan Asep, salah seorang warga Rancamaya kepada kabaronline.co.id

gtp“Lama-kelamaan Kota Bogor punya julukan baru nih, kota jambu jamaika atau kota sejuta pohon. Tapi baguslah, gerakan seperti ini patut didukung. Apalagi di dalamnya tidak ada kepentingan  partai, ormas atau politik lainnya,” kata Asep.

Menanggapi hal tersebut, salahsatu penggagas GTP, Heri Cahyono mengaku, tidak masalah jika ada yang berpikir gerakan menanam pohon ini bisa menambah julukan bagi Kota Bogor.

“Bagus juga kalau sampai orang memberikan julukan baru, kota jambu jamaika atau kota sejuta pohon. Katanya keren juga,” kata Heri sambil tersenyum.

Menurut Heri yang lulusan IPB ini, awalnya gerakan ini didasari melihat kondisi Kota Bogor yang hawanya mulai panas dan banyaknya area hijau yang berubah menjadi bangunan beton. “Kami semua elemen yang ada di GTP ingin mengembalikan hawa Kota Bogor menjadi sejuk, minimal kota tempat saya menimba ilmu semasa sekolah ini bisa kembali hijau. Gerakan menanam pohon ini mungkin tidak akan langsung bisa dirasakan oleh kita, tapi bisa dirasakan oleh generasi penerus kita,” kata Heri usai menanam pohon jambu jamaika di sekitar Panti Asuhan Raksa Putra Kelurahan Sindang Barang Kecamatan Bogor Barat, Minggu (6/11/2016).

Heri menambahkan, kegiatan GTP inipun mendapatkan dukungan dari berbagai elemen masyarakat, mulai dari anggota dewan, perbankan, pengusaha, tokoh masyarakat dan lain sebagainya.

“Kita murni gerakan menanam pohon, tidak ada kepentingan politik apapun juga. Bahkan kami kemarin mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai komunitas penggerak peduli lingkungan. Terimakasih kepada Gubernur Jawa Barat, Ketua DPRD Metro Kota Anna Morinda, Ketua DPRD Kota Bogor Untung W Maryono, seluruh anggota DPRD, pengusaha, perbankan dan semua pihak yang telah mendukung gerakan ini. Semoga Kota Bogor kembali hijau, sejuk dan nyaman untuk ditinggali,” katanya.

#pratama

print

You may also like...