Menu

Dark Mode
Asus Rilis RTX 5060 Ti 16G EVO, Lebih Ramping dengan Sirip Heatsink Berbeda Ludes! Robot Anjing Wajah Elon Musk & Mark Zuckerberg Terjual Rp 1,5 M Lolong: Buaya Terbesar di Dunia yang Pernah Diukur Hidup China Sukses Buat Prototipe EUV, Siap Produksi Chip 2nm Nvidia Perbarui GPU AI RTX Pro 5000 Blackwell, VRAM Naik 50 Persen Elon Musk Jadi Orang Pertama di Dunia dengan Kekayaan Rp 10.000 Triliun

Kabar Bogor

Save Pelanggan PDAM

badge-check


					Save Pelanggan PDAM Perbesar

Ada beberapa catatan yang harus menjadi bahan perhatian dan evaluasi PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor untuk setidaknya dapat memberikan layanan yang optimal kepada para pelanggannya. Yang pertama adalah sumber daya manusia, infrastruktur, dan yang ketiga adalah terkait dengan manajemen.

Hal itu diungkapkan pengamat kebijakan publik Abdul Fatah, saat menjadi salah satu nara sumber pada dialog RRI, Rabu (26/10/16), yang mengambil tema “Save Pelanggan PDAM.”

“Yang berkaitan dengan sumber daya manusia ini adalah berkaitan dengan kesiapan dan kemampuan. Sedangkan mengenai infrastruktur ini dengan harus melihat pesatnya pertumbuhan ekonomi di Kota Bogor yang ditandai dengan tingginya pertumbuhan industri perhotelan, apartemen, dan bidang jasa lainnya,” papar Fatah.

Sejak awal, bahkan mengenai infrastruktur itu dirinya telah mengusulkan agar adanya surat pernyataan kesiapan dari PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor untuk menyuplai pasokan air bersih. Soal ini, agar PDAM membedakan jaringan distribusinya antara untuk kelas bisnis dan rumah tangga.

“Ini harus dibedakan mana pipa untuk jalur bisnis, mana untuk rumah tangga. Sehingga tidak seperti sekarang ini yang malah menjadi korban adalah pelanggan rumah tangga, yang tidak lancar mendapatkan pasokan air. Soal ini harus menjadi perhatian PDAM. Save Pelanggan Pdam sangat tepat,” tegas Fatah.

Sedangkan mengenai manajemen, ia menyebutkan agar turut ditopang kemampuan finansial yang baik dan sehat. Ini termasuk juga dengan perencanaan yang baik dan dibutuhkannya konsistensi dalam perencanaan itu sendiri.

“Karena ini menyangkut hajat hidup sebanyak 140 ribu pelanggan PDAM. Pemerintah Kota Bogor bersama DPRD harus mengawal ini, jangan main-main. Sebenarnya ini kalau badan pengawasnya berjalan dengan baik, tidak akan terlalu berat bagi wali kota, wakil wali kota, dan direks. Karena ini mandulnya fungsi kontrol di badan pengawas,” paparnya.

Pada dialog yang disiarkan langsung ini, turut menjadi nara sumber yaitu Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman, anggota Komisi B DPRD Kota Bogor Adityawarman, dan Pejabat Sementara (Pjs) Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Deni Surya Senjaya.

#asya

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read More

Pesta Perak Kompra 25 Dibanjiri Ribuan Pramuka

20 December 2025 - 10:37 WIB

ADEV Salurkan Zakat Perusahaan Bareng PWI

19 December 2025 - 14:09 WIB

Bahas Konektivitas Transportasi, Kadishub Kota Bogor Jadi Narsum di OBSSESI

15 December 2025 - 07:31 WIB

Januari 2026, Dishub Kota Bogor Hapus Angkot Usia 20 Tahun

15 December 2025 - 06:42 WIB

Gara-gara Parfum Meledak, Gudang Kosmetik di Bogor Terbakar

15 December 2025 - 05:43 WIB

Trending on Kabar Bogor