Rumah Korban Longsor Lawang Gintung Diperbaiki Bertahap

basolia-2Paska longsornya sebagian area parkir restoran Gumati Batutulis di Jalan Saleh Danasasmita Kelurahan Lawang Gintung Kecamatan Bogor Selatan pekan lalu, sejumlah bantuan terus mengalir kepada warga yang menjadi korban.

Seperti yang dilakukan BASOLIA (badan sosial lintas agama), kemarin. Basolia yang diketuai Zaenal Abidin dan Sekjennya Arifin Himawan menyerahkan bantuan kepada warga korban longsor. Selain menyerahkan bantuan, keduanya sempat menijau lokasi longsor dan mendengarkan keluhan korban.

“Mudah–mudahan bantuan ini bermanfaat. Saya juga menghimbau kepada siapapun, baik pemerintah atau masyarakat ketika terjadi bencana alam, mari kita saling membantu, karna ini menjadi kewajiban kita bersama,” kata Ketua Basolia Zaenal Abidin.

Sementara itu menurut Sekjen Basolia Arifin Himawan, pada dasarnya siapapun tidak menginginkan musibah terjadi. Namun bagaimanapun juga ketika terjadi, di situlah semua harus merasa terpanggil tanpa memandang suku, ras, dan agama masing-masing.

“Basolia sangat peduli akan hal tersebut, semoga dapat menjadi contoh dan teladan disertai bukti kepedulian yang nyata,” kata Arifin.

Di tempat yang sama, Ketua RW 8 Ijah Farida menghaturkan terima kasih atas bantuan Basolia, namun diakuinya bahwa proses evakuasi dinilai lambat dan minimnya bantuan di hari pertama longsor.

“Kami berharap pihak yang bertanggungjawab segera merenovasi kembali rumah warga yang terkena longsoran. Pihak Gumati memberikan bantuan sementara berupa uang untuk mengontrak rumah,” kata Ijah.

Hal tersebut dibenarkan Sekretaris Lurah Lawanggintung Heri Eriadi. Menurutnya, pasca kejadian pihak kelurahan langsung terjun ke lokasi dan mengadakan pertemuan dengan warga dan pihak gumati.

“Setelah itu tahap demi tahap sudah diberitahukan kepada korban soal perbaikan rumah, jadi memang tidak bisa cepat selesai,“ujar Heri.

Heri menambahkan, pihak kelurahan pun diminta pihak gumati untuk memberikan penjelasan, baik ke masyarakat maupun ke media. “Pihak gumati bertanggung jawab penuh, dan akan mengganti semua kerugian warga 100 persen, namun bertahap. Kira-kira satu bulan untuk penggantian, dan beberapa bulan untuk bangunan yang memang membutuhkan waktu untuk merenovasinya,“ kata Heri.#

Jurnalis

YudiBudiman

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *