Usmar Ajak Warga Lindungi Satwa Liar

image

Puluhan foto satwa liar dipamerkan di Botani Square mulai Kamis (30/8/15) sampai Minggu (23/8/15). Pameran foto ini hasil kerja sama Burung Indonesia dengan Botani Square serta National Geographic Indonesia, dan langsung dibuka Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman, Jumat (21/8/15).

Menurut Head of Communication and Knowledge Center Burung Indonesia Ria Saryanthi, pameran foto ini  untuk memperkenalkan kepada masyarakat kekayaan alam  Indonesia terutama jenis-jenis burung.

“Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan kekayaan jenis burungnya. Bahkan dari ribuan jenis burung yang ada, sebanyak 426 jenis diantaranya tidak dapat dijumpai di tempat lain di dunia,” ucap Ria.

Dengan begitu, masih kata Ria, menjadikan Indonesia negara yang paling kaya jenis burung endemisnya.

“Selain menampilkan foto-foto satwa liar yang hidup di hutan seperti orang utan, komodo, dan maleo serta burung bidadari dari Halmahera, pada pameran ini juga dipamerkan foto burung-burung perkotaan,” ungkap Ria.

Foto-foto satwa liar ini merupakan hasil karya Riza Marlon, fotografer satwa liar terkemuka di Indonesia serta karya Burung Indonesia dan National Geographic Indonesia.

“Kegiatan ini juga digelar dalam rangkaian merayakan keragaman burung Indonesia yang ke 13, dimana sebelumnya pada 16 Agustus lalu telah digelar pameran lukisan burung bertajuk Birds of Our Nation,” Ujarnya.

Sementara Wakil walikota Bogor Usmar Hariman menyampaikan, kota Bogor saat ini konsen membangun taman kota untuk mendukung konservasi burung.

” Kami harapkan taman-taman itu ramah burung dan tetap lestari, sesuai konsep menuju kota hijau,” kata Usmar.

Usmar menjelaskan, taman-taman yang direvitalisasi adalah taman yang sudah ada seluas 1,2 hektar. “Kami juga minta ke komunitas burung agar merangsang kawasan balaikota, dan taman-taman di kota Bogor,” tambah Usmar.

Usmar memberikan aplous dan angkat jempol untuk pameran ini, karena masih ada yang sangat ingin menjaga kelestarian habitat burung di Indonesia.

“Saya mengajak seluruh warga kota Bogor untuk bersama-sama menjaga habitat burung di indonesia terutama di kota Bogor,” pungkas usmar.|yuda|

print

You may also like...