Tetapkan KLB, Bima Intruksikan Pasien Covid Dikarantina di Ciawi

Warga Perumahan Griya Melati bubulak tengah di swab test oleh petugas DInkes Kota Bogor.

Terus bertambahnya jumlah warga Perumahan Griya Melati Bubulak Kota Bogor yang positif covid, membuat Wali Kota Bogor Bima Arya menetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB), Minggu (23/5/2021).

Menurut Bima, dirinya telah mengintruksikan agar segera dikarantina /isolasi di Pusdiklat BPKP Ciawi, Kabupaten Bogor, bagi warga Perumahan Griya Melati yang terkonfirmasi positif covid.

“Saya sudah mengeluarkan perintah melalui surat Nomor : 104/001-Set. yang isinya memutuskan untuk segera karantina atau isolasi bagi warga yang terkonfirmasi positif Covid-19,” tegas Bima kepada wartawan, Minggu (23 /5/2021).

Keputusan ini lanjut Bima, diambil berdasarkan hasil penyelidikan Dinkes Kota Bogor dan rekomendasi tim Surveillance Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mencegah penyebaran Covid-19, dan upaya deteksi penyebaran varian baru virus Covid-19.


Baca juga: Positif Covid Naik, Bima Arya Sterilkan Perumahan Griya Melati


Bima menambahkan, bagi warga yang telah ditest hasilnya negatif, agar ditest kembali. Mengingat ada varian baru covid 19, dengan gejala yang sulit diketahui.

“Ada yang hasil negatif, ternyata setelah ditest lagi dia positif. Kita antisipasi hal itu,” jelasnya.

Kepala Dinkes Kota Bogor, Sri Nowo Retno menambahkan, hari ini Dinkes menerima hasil swab PCR 9 orang yang dinyatakan positif Covid-19 hasil tracing riwayat kontak erat, sehingga total ada 46 warga yang positif Covid-19.

“Pagi kami terima hasil swab PCR konfirmasi positif  1 orang. Kemudian sore ini kami kembali terima hasil swab PCR konfirmasi positif sebanyak 8 orang. Jadi ada penambahan kasus untuk 9 orang,” kata Sri Nowo.

Temuan penambahan kasus ini sangat mengkhawatirkan, lanjutnya, untuk itu perlu langkah-langkah yang harus segera dilakukan untuk memutus rantai penularan dan mencegah penularan yang lebih luas lagi.

Penulis Pratama

Editor Herman

print

You may also like...

Leave a Reply