Terima Aduan di Medsos, Tirta Pakuan Gercep Lakukan Perbaikan

Ardhani

Banyaknya pelanggan yang mengeluhkan aliran airnya kecil dan tidak mengalir 24 jam di media sosial Perumda Tirta Pakuan, membuat Perumda Tirta Pakuan bekerja makin exstra demi pelayanan terbaik kepada pelanggannya. 

Menurut Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Ardani Yusuf, ada beberapa penyebab aliran air tidak 24 jam dan aliran yang kecil kepada pelanggan.

“Dari yang kita lihat, memang hal itu disebabkan beberapa hal. Salah satunya kebocoran pipa di beberapa titik. Terutama pada pipa-pipa lama di jalur distribusi air ke pelanggan. Kita langsung lakukan pengecekaan di lokasi,” kata Ardhani, Kamis (15/9/2022).

Kebocoran pada pipa lama lanjut Ardhani, salah satunya di sambungan. Seperti jaringan pipa yang sudah lama dan mengalami aus.Hujan deras yang saat ini terjadi di Kota Bogor pun secara tidak langsung berpengaruh terhadap jaringan distribusi.

“Indikasi kami ke arah sana. Belum lagi ada pergerakan tanah yang mempengaruhi juga. Kita ambil contoh pipa di Jalan Ir H Juanda, ada tiga titik (yang mengalami gangguan) dengan jarak yang berdekatan. Maka itu kita kaji dengan betul, dengan kemungkinan ada pergerakan di bawah tanah,” jelasnya.

Ardhani menambahkan, selain gangguan pada pipa lama, ada juga pipa HDPE yang juga alami gangguan. Pihaknya pun mengkaji kebocoran secara menyeluruh.Contohnya gangguan distribusi di wilayah yang punya tekanan air cukup tinggi, seperti di Pamoyanan.

“Dalam waktu sebulan bisa sampai tiga kali pecah pipa. Dari yang kita lihat di lapangan, itu disebabkan Waterhammer atau ada udara yang terjebak dalam pipa. Alhasil tekanan yang tinggi bikin pipa bocor karena ada arus balik,” tandas Ardani.

Pada dasarnya Perumda Tirta Pakuan berkomitmen terhadap layanan kepada masyarakat. Ia pun meminta pelanggan untuk tidak sungkan dalam melayangkan kritik dan keluhan terkait pelayanan.

“Kami terbuka, silahkan informasikan segala kritik. Kami siap memperbaiki setiap permaslahan di lapangan, salah satunya soal pengaliran. Kami juga kini lebih sigap dalam penanganan keluhan salah satunya soal pengaliran air ini. Tapi memang semua butuh waktu dan proses, ya,” ujarnya.

Penulis Pratama

Editor Aldho Herman

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *