Tarif Air Tirta Pakuan Lebih Murah dari Air Mineral

revelino

Siapa yang menduga jika tarif air Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor masih jauh lebih murah daripada harga air mineral 600 mililiter (ml). Hal itu diungkapkan Direktur Umum (Dirum) Perumda Tirta Pakuan Rivelino Rizky, Selasa (28/9/2021).

“Ya, tarif air kami tentunya jauh lebih murah dibandingkan air mineral yang biasa masyarakat beli. Contoh air mineral aja 600 ml harga harganya Rp3.000, sedangkan kami 1 meter kubik tarif rata ratanya Rp6 ribu. Untuk 1 meter kubik itu sama dengan 1.000 liter, jika dibandingkan jauh banget dengan harga 600 ml air mineral kan,” ungkap Rivelino.

Rivelino melanjutkan, berkaitan kenaikan tarif pihaknya belum ada niatan untuk dilaksanakan, padahal kenaikan tarif terakhir dilakukan pada tahun 2018. Sebenarnya amanat daru USS world bank studi kelayakannya harus melakukan kenaikan tarif setiap tahun.

“Ya, tapi kami memikirkan masyarakat juga disaat pandemi ini, tidak memaksakan melakukan kenaikan tarif. Tetapi kami lakukan dengan cara yang lain walaupun pendapatan kami saat ini menurun dibandingkan sebelum pandemi Covid-19 Kota Bogor,” tuturnya.

Rivelino membeberkan,tiga bulan kemarin saat saat mal, hotel dan restoran tutup, pendapatan Tirta Pakuan menurun, tapi bisa dialihkan ke efisiensi. Saat ini meski sudah dibuka kembali sektor ekonomi tapi belum terlihat ada peningkatan.

“Ya, biasanya nanti ditagihan bulan Oktober, karena bukanya di bulan September. Jadi belum kelihatan ada kenaikan signifikan atau tidak. Saat ini kami masih melakukan efisien untuk pengeluaran biaya dan sebagainya,” bebernya.

Rivelino menjelaskan, pihaknya saat ini lebih fokus ke pengembangan jaringan ,perbaikan sistem, penambahan kapasitas.

“Nah, kami lebih ke arah perbaikan sistem penyediaan air minum. Jadi kami Insya Allah tarif tidak naik tetapi pelayanan ditingkatkan,” pungkasnya.

Penulis Pratama

Editor Aldho Herman

print

You may also like...

Leave a Reply