Susur Sungai dan Santuni Yatim, Wakil Wali Kota Bogor Apresiasi JMI Bogor Raya

jmi-bogor-raya

Jurnalis Mancing Indonesia (JMI) Bogor Raya merealisasikan program “Susur Sungai”, yang dilaksanakan di awal tahun 2022 dengan melakukan aksi peduli dan pelestarian lingkungan di kawasan Sungai Ciliwung. Berlokasi di Jalan Ciremai Ujung, RW 05, Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Minggu (9/1/2022).

Kegiatan yang dilakukan diantaranya penanaman pohon dibantaran Sungai Ciliwung, penebaran bibit ikan hingga bakti sosial santunan kepada anak yatim serta donasi pendidikan bagi anak-anak yang berada di wilayah tersebut. Dalam acara itu, JMI Bogor Raya juga memberikan penghargaan kepada tokoh lingkungan, Abah Muhammad Yusuf.

Wakil Walikota Bogor, Dedie A Rachim mengapresiasi keberadaan JMI Bogor Raya yang konsisten melakukan kegiatan-kegiatan positif, seperti pelestarian lingkungan dengan program yang digagasnya yakni Susur Sungai.


Baca juga: Dinahkodai Billy, JMI Bogor Raya Geber Program Kerja


“Banyak kegiatan yang dilakukan JMI Bogor Raya dalam pelestarian lingkungan. Hari ini kita menebarkan benih ikan, kemudian juga penanaman pohon. Tadi juga memberikan penghargaan kepada salah satu warga yang peduli terhadap Sungai Ciliwung. Jadi hal hal seperti ini harus di kumandangkan, di sosialisasikan kepada masyarakat yang lain,” katanya.

“Mudah-mudahan dengan kepedulian teman teman JMI akan diikuti oleh jurnalis yang lain bahkan tadi artis aktor yang terlibat langsung ataupun pegiat maupun komunitas yang lain. Kegiatan ini sangat baik dan positif,” tambahnya.

Dedie mengungkapkan pemerintah Kota Bogor saat ini sedang fokus  melaksanakan kepedulian terhadap sungai Ciliwung, ada 13 kelurahan bersentuhan langsung dengan sungai Ciliwung yang sudah di intervensi dengan program pembuatan septitang komunal. “Jadi masyarakat tidak boleh lagi membuang sampah termasuk juga membuang hajat ke sungai. Nah program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk terus peduli terhadap lingkungan sungai Ciliwung yang berada di tengah-tengah kota Bogor,” ucapnya

Sementara, Penasihat JMI Dr. Pratama Persada mengungkapkan, kegiatan peduli lingkungan dari JMI Bogor Raya ini harus didukung oleh berbagai pihak. Kerjasama ataupun kolaborasi yang dilakukan hari ini, baik dengan Pemkot Bogor maupun komunitas-komunitas, diharapkan terus berjalan kedepannya.

“Jadi harus melibatkan stakeholder yang ada di Bogor Raya seperti, pemerintah kota dan kabupaten Bogor, komunitas mancing , komunitas lingkungan dan lain lain. Jadi lingkungan kita bisa bagus dan bersih kalo kita berkolaborasi. Oleh karena itu kegiatan ini bukti bahwa kita berkolaborasi untuk Bogor Raya yang lebih baik,” ungkapnya.

Ditempat yang sama Ketua JMI Bogor Raya, Billy Adhiyaksa menuturkan, aksi penanaman pohon, tebar benih ikan dan donasi pendidikan yang terselenggara hari ini adalah bagian dari program susur sungai dari JMI Bogor Raya di tahun 2022.

“Dalam program ini kami akan melaksanakan di 8 titik lainnya. Bogor ini ada dua sungai besar yaitu sungai Ciliwung dan Cisadane, kegiatan ini akan kita lakukan secara masif untuk penyelamatan biota ikan air tawar, dan melestarikan kawasan bantaran sungai,” jelasnya.

Billy juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah bekerjasama dan bersinergi dalam kegiatan program Susur Sungai ini. Diantaranya kepada pihak Alfamart yang sudah memberikan donasi pendidikan, Pemkot Bogor melalui DKPP Kota Bogor yang telah memberikan bibit ikan, dan pihak corporate lainnya, sehingga acara bisa terlaksana dengan baik.

Acara dihadiri Wakil Walikota Bogor Dedie Rachim, Penasehat JMI Pusat Dr. Pratama Persada, Kepala DKPP Anas Resmana, Kadiskominfo Rahmat Hidayat, Ketua PHRI Kota Bogor Yuno Abeta Lahay, Camat Bogor Utara Riki Robiansyah, Komunitas Baraya Mancing Bogor (BMB) dan Komunitas Mancing Bogor (KMB), Lurah serta Babinsa dan tokoh masyarakat setempat. Acara dihadiri juga oleh artis Teuku Dino yang dikenal memerankan aktor Iqbal dalam sinetron Ikatan Cinta.

Penulis Yudi Budiman

Editor Aldho Herman

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *