Soal Mata Air, Sekda Ingatkan Perumda Tirta Pakuan

Sumber mata air  menjadi salah satu area vital yang harus dijaga keasrian dan kebersihannya, mengingat sumber mata air menjadi penentu apakah air itu layak dikonsumsi atau tidak. Hal itu disampaikan Sekda Kota Bogor Syarifah Sofiah kepada jajaran Direksi Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor.

Menurut Sekda, mata air yang ada agar dijaga konservasinya dan menambahkan sumur resapan di sekitar lokasi, agar bisa menambah debit airnya.

“Meskipun ada kendala dalam pola kebersihan masyarakat hulu sungai Cisadane yang kurang baik dan berdampak pada kualitas yang buruk, namun untuk mata air harap dijaga agar tetap bersih,” kata Sekda.

Menanggapi hal tersebut Direktur Teknik Perumda Tirta Pakuan Ardani Yusuf mengatakan, saat ini pihaknya terus berusaha menjaga kualitas sumber air bersih yang dialirkan ke masyarakat tetap terjaga.

“Kami berpedoman pada PERMENKES agar kekeruhan di bawah 5 Ntu,” kata Ardani.

Akan tetapi lanjut Ardani, ada kendala di hulu sungai Cisadane yang dianggap cukup sulit. Untuk itu harus ada kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dengan pihak Kabupaten Bogor.

Ardani menambahkan, saat ini Perumda Tirta Pakuan bekerja sama dengan IUWASH PLUS, melakukan evaluasi KKMA pada lokasi mata air. Dengan kerja sama ini ke depannya bisa menentukan jumlah sumur resapan serta desain detail pembuatannya.

“Mudah-mudahan di tahun depan ada anggarannya dan dapat dilaksanakan sehingga debit air kembali seperti semula,” pungkas Ardani Yusuf.

penulis pratama/rls

editor Aldho Herman

print

You may also like...

Leave a Reply