Sejarah, Balai Kota Bogor Jadi Arena Basket 3 x 3

Inovasi Kadin Kota Bogor bekerja sama dengan Pemkot Bogor, patut diacungi jempol. Untuk pertama kalinya halaman utama Plaza Balai Kota Bogor diubah menjadi area olahraga basket. Bahkan pertama kalinya di Indonesia, kompetisi 3×3 basketball tingkat Nasional, digelar di gedung pemerintahan,  Sabtu (11/12/2021).

 

Kompetisi yang bertajuk 3×3 Basketball Kadin Kota Bogor, menggelar lima kategori kompetisi, under 14 boy, under 14 girl, open women, open men dan elite.

Selain itu dihadirkan guest star ‘Pebasket Sombong’ Denny Sumargo dan pebasket profesional lainnya Wijin, serta tak ketinggalan rapper Tuan 13.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, sepanjang sejarah Balai Kota Bogor seingat dirinya,baru kali ini Balai Kota Bogor disulap untuk kepentingan kompetisi basket. Biasanya dipakai pelantikan, inagurasi dan pelantikan wali kota.

“Saya tantang Ketua Kadin Kota Bogor saat itu, bisa tidak pakai tenda di balaikota ini, bisa tidak lambang Balai Kota harus terlihat dan bisa tidak harus lebih meriah dari pelantikan yang pernah ada. Itu saya tantang Almer. Ternyata memang betul-betul bisa. Untuk warga Kota Bogor olah raga tidak boleh berhenti, turnamen,festival jalan terus dengan catatan Protokol Kesehatan (Prokes). Saya titip Prokes tetap dijaga,” ungkap Bima.

Bima melanjutkan, Pemkot Bogor mendorong sport tourism. Memang, Kota Bogor tidak seluas Kabupaten Bogor tetapi tidak kekurangan atlet handal, tempat menarik, exotic untuk venue olah raga ataupun wisatawan.

“Saya minta 3×3 basketball digelar secara rutin di tempat-tempat lain, bisa sebulan sekali, enam bulan sekali, jangan kebangetan juga hanya setahun sekali. Ini bukan hanya menghibur, tapi bisa mengorbitkan atlet-atlet handal Kota Bogor. Ada tempat latihan bagus,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Kadin Kota Bogor, Almer Faiq Rusydi mengatakan, digelarnya 3×3 Basketball Kadin Kota Bogor ini, untuk menjadikan sport tourism Kota Bogor bergeliat. Kenapa basket?, karena basket merupakan salah satu olahraga yang digandrungi usia dini sampai dewasa. Dari Kota Bogor banyak putra-putri daerah yang sukses berkiprah di kancah nasional.

“Semisal Andika Ramadhani (Rama) eks pemain Klub IBL Stapac dan kini jadi pelatih tim DKI Jakarta untuk PON Papua lalu. Mudah-mudahan nanti menjadi pelatih Jawa Barat. Selain itu saat ini Kota Bogor mempunyai venue basket bertaraf internasional,” tuturnya.

Almer menambahkan, bergeliatnya sport tourism Kota Bogor ini untuk membangkitkan perekonomian pasca pandemi Covid-19.  “Kadin Kota Bogor Sinergi Inovasi,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia, Irawadi Hanafi memaparkan, seluruh peserta 3X3 basketball Kadin Kota Bogor bersyukur semua diberikan kasih dan sayang Tuhan Yang Maha Esa, sehingga diberi kesempatan untuk saling bertatap muka di Balai Kota Bogor. Ini untuk mengembangkan sport industri dan sport tourism, ini harus dikembangkan di Kota Bogor karena sport industri, akan menjadi tulang punggung pemulihan perekonomian Indonesia. Sport tourism berkembang pesat, wisata dikombinasikan dengan olah raga.

“Sport tourism ini pertumbuhan paling cepat, karena banyak wisatawan yang tertarik kepada kegiatan olah raga. Pertumbuhan sport tourism akan bertumbuh sebesar Rp18,8 triliun sampai 2024. Dengan kearifan lokal bisa mengembangkan ekonomi. Saya harap ini bisa berkesinambungan dilakukan oleh Kadin Kota Bogor,” jelasnya.

Wakil Ketua Kadin Jawa Barat Fery Sandiana menambahkan, dirinya melihat Almer sebagai sosok Ketua Kadin yang termuda Se-Jawa Barat, memiliki banyak inovasi serta program kerja yang menarik, contohnya seperti kegiatan sekarang ini.

“Berharap kegiatan ini terus berlangsung, dan giat yang digagas Kadin Kota Bogor sangatlah positif. Dengan tagline Kadin Karasa dan Jabar Juara bisa bermanfaat untuk Kota Bogor. Saya titip jaga sportifitas kepada semua peserta,” pungkasnya.

Penulis Pratama

Editor Aldho Herman

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *