PKL Blok B2 Mulai Tempati Los dan Kios  

Setelah beberapa pekan sejumlah Pedagang kaki lima (PKL) yang biasa berjualan di pelataran depan Blok B2 Pasar Kebon Kembang melakukan aksi unjuk rasa, secara bertahap PKL tersebut saat ini masuk ke dalam pasar.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Unit Blok A dan B Pasar Kebon Kembang, Aji Firdaus. Menurutnya penataan PKL yang berada di pelataran depan Blok B2 telah dilakukan sejak ia ditugaskan Juli 2021 lalu. Namun saat berjalan ada kebijakan baru untuk pasar non pangan pada masa PPKM Level 4, pasar ditutup.

“Karena PPKM, pasar tutup dan mulai aktif di bulan Agustus, kita kembali mengimbau pedagang meneruskan program yang sudah berjalan dengan solusi diantaranya menyiapkan tempat relokasi yang dulu memang sudah dipersiapkan juga di Blok A dan B. Semuanya ada 34 tempat berupa los dan kios,” ungkap Aji, Kamis (23/9/2021).

Dari sejumlah tempat tersebut, kata Aji, tercatat ada delapan pedagang yang sudah masuk ke dalam pasar dan saat ini ada satu pedagang tengah proses pendaftaran. Mereka yang menempati los sudah lebih dari sepekan lalu dan kios baru dua hari lalu.

Aji menambahkan, secara kapasitas tempat relokasi bisa untuk memenuhi PKL yang ada dan cukup laik. Bahkan pihak terus mengikuti perkembangan setelah mereka masuk ke dalam pasar. “Dari beberapa PKL sudah masuk kita selalu komunikasi bagaimana perkembangannya, alhamdulillah mereka bilang sedang menuju proses dan ada saja yang beli,” ujarnya.

Kepala Unit Blok A dan B Pasar Kebon Kembang, Aji Firdaus

Bagi pedagang yang belum untuk masuk ke dalam pasar lanjut Aji, pihaknya masih memberikan kesempatan untuk pindah ke dalam pasar, dan diharapkan semuanya menjadi pedagang binaan Perumda Pasar Pakuan Jaya.

“Kepindahan PKL juga mendapat kebijakan gratis biaya sewa selama 3 sampai 6 bulan. Sebelum proses pindah mereka (PKL) kita ajak ke lapangan untuk melihat secara langsung tempatnya. Setelah itu mereka diberi waktu untuk berpikir dan pilih tempat sendiri,” imbuhnya.

Area depan Blok B2 memang tidak diperbolehkan adanya aktivitas berjualan pedagang, kecuali ada program dari Perumda PPJ, semisal pada saat bulan Ramadan atau lebaran. Iapun mengatakan area tersebut sudah tidak ada aktivitas PKL.

“Iya, sudah tidak ada (aktivitas PKL), tidak ada, dan kita juga tugaskan tim K3 untuk standby untuk melakukan penertiban,” pungkasnya.

Pantauan kabaronline, di lokasi yang biasa menjadi tempat jualan PKL tersebut terlihat bersih. Tak ada PKl yang berjualan di lokasi tersebut.

Penulis Pratama

Editor Aldho Herman

print

You may also like...