Pipa Air Bocor di Bawah Rel, 5000 Pelanggan Terdampak

Perbaikan kebocoran pipa HDPE 12 inchi di Jalan Cipaku tepatnya perlintasan rel kereta api terus diupayakan cepat selesai oleh Perumda Tirta Pakuan, meski terkendala karena kebocoran berada tepat di bawah rel. Petugaspun bekerja siang malam di bawah pengawasan langsung Direksi.

Menurut Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Ardani Yusuf, dahulu perlintasan rel Cipaku adalah singel rel, sebelum double track sehingga dahulu pipa tidak di bawah rel. 

“Seiring bertambahnya lintasan menjadi double track, jadi posisi saat ini pipa ada di bawah rel. Kedalaman di situ, tidak terlalu dalam. Karena bukan jalur track kreta,” ungkap Ardani, Senin (17/7/2023)

Karena sering kereta lewat, lanjutnya, ada penetrasi dititik tersebut sehingga terjadi kebocoran.

“Awal saat satu track, kedalaman pipa dibawah rel itu 3 meter sampai 4 meter. Terlebih penanganan kebocoran diwilayah rel harus izin dahulu ke PT. KAI, sehingga tidak seperti titik bocor di jalan yang bisa penanganan dahulu. Jadi harus bersurat dahulu, kemudian survei lapangan dua sampai tiga kali. Kemudian barulah bisa eksekusi. Sekarang ini kami sudah membuat casing baru, namun ditengah-tengah terkena batu. Sehingga harus membuat dari nol lagi, digeser sedikit dan masih dalam pengerjaan perbaikan saat ini,” bebernya.

Ardani menambahkan, pihaknya tengah berusaha mengalihkan pelayanan zona 5 yang dialiri dari Rangga Mekar. Untuk pengalihan layanan ini banyak yang harus diubah, tetapi dikerjakan juga untuk mengubah suplai pelayanan itu.

“Jadi mana yang cepat akan dialirkan langsung, teman-teman masih bekerja di lapangan. Di satu sisi perbaikan pipa di bawah rel masih berlangsung, perubahan sistem pemindah aliran pun kami laksanakan,” katanya.

Langkah kami, lanjutnya, mana yang paling cepat, itu yang akan dijalankan. Tetapi melihat sikon, perbaikan di rel itu masih cukup lama.

“Saya minta direktorat umum menambah armada untuk permintaan tangki air memenuhi permintaan air pelanggan. Yang sebelumnya disiagakan tujuh mobil, kami meminta 10 mobil yang disiagakan. Untuk yang terdampak kebocoran ini 4.000 hingga 5.000 pelanggan,” pungkasnya. Pratama

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *