Pengaliran Air Terganggu, Tirta Pakuan Pasang 5 TAHU di Zona 7

Sedikitnya lima armada Terminal Air Hydrant Umum (TAHU) hingga empat armada tangki air disiapkan Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor  bagi pelanggan di zona 7, yang belakangan ini sering terganggu pengaliran airnya. Hal tersebut dilakukan sebegai bentuk upaya Tirta Pakuan dalam menindaklanjuti keluhan pelanggan.

TAHU dipasang di kawasan Bantarkembang, Kemang Regency, Taman Pajajaran, Griya Katulampa dan kawasan Parungbanteng. Menurut Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Ardani Yusuf, ada beberapa hal yang menyebabkan gangguan pengaliran air di zona 7 dalam beberapa waktu terakhir.

“Tingkat kekeruhan air Sungai Ciliwung, yang digunakan sebagai sumber air baku, tengah dalam kondisi tinggi. Dalam kondisi normal, kekeruhan Sungai Ciliwung ada di angka 600 NTU. Tapi beberapa hari terakhir kekeruhannya mencapai 5000 NTU,” kata Dirtek Ardani.

Sedangkan WTP Tirta Pakuan, lanjut Dirtek, hanya bisa memproses air dengan kekeruhan di bawah 600 NTU untuk debit air baku 330 liter per detik. Sehingga dengan kondisi ini, akhirnya  produksi air diturunkan menjadi 280 liter per detik, agar kualitasnya tetap sesuai Permenkes.

“Akibatnya pengaliran berkurang sekitar 80 liter per detik. Belum lagi,  kapasitas air di Reservoir Katulampa yang biasanya 4,4 meter, kini hanya sekitar 1,8 meter. Kekeruhan saat ini berbeda. biasanya paling tinggi 2.000 NTU selama 1-2 jam, itu juga dalam kondisi hujan. Tapi saat ini 5890 NTU di kondisi bukan hujan. Kami menurunkan kapasitas produksi karena lebih sering membuang lumpur di sedimen bangunan pengolahan,” ujar Ardani.

Beberapa solusi  diberikan Perumda Tirta Pakuan selain bantuan TAHU dan armada tangki air gratis, tambah Dirtek, pihaknya juga akan menambah suplai air dari zona 1 dengan memasang pipa interkoneksi dari WTP Unitex untuk mengurangi beban pengaliran di zona 7.

“Dengan kerendahan hati kami mohon maaf atas gangguan layanan beberapa hari terakhir. Segala upaya perbaikan kami lakukan dengan berbagai program, sebagai ikhtiar agar pelanggan bisa menikmati layanan 24 jam. Kami mengharapkan dukungan dan doa dari pelanggan agar upaya kami berjalan baik dan maksimal. Insya Allah,” kata Ardani.

Penulis Pratama

Editor Aldho Herman

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *