Nangka Menjadi Maskot di Salah Satu Negara Bagian di India

NEGARA bagian Kerala di India, berencana menetapkan nangka sebagai buah resminya pada pekan depan.
Pemerintah negara bagian yang terletak di barat daya India itu akan mengumumkan secara resmi pada 21 Maret, berdasarkan sebuah proposal yang dirujuk oleh Departemen Pertanian setempat. Demikian dilansir dari Times of India pada Minggu (18/3/2018).
Sementara itu, di waktu yang berdekatan, negara bagian Kerala telah menetapkan gajah sebagai maskot hewan resmi, bersama dengan burung rangkong, dan serangga Kanikkona.
Pemerintah setempat berencana mempromosikan ‘nangka Kerala’ sebagai merek dagang di pasar lokal dan internasional, yakni melalui fokus tawaran kualitas organik dan nutrisi yang dikandungnya.
Menteri Pertanian, VS Sunilkumar, mengatakan bahwa penetapan tersebut juga bertujuan untuk memberikan nilai tambah progresif pada nangka Kerala, yang secara tidak langsung meningkatkan potensi kesejahteraan ekonomi petaninya.
“Meskipun merupakan salah satu buah yang paling banyak diproduksi, kami belum dapat memanfaatkannya. Potensi tanaman nangka (varietas yang berbeda) diproduksi di sini setiap tahun,” katanya seraya menambahkan, bahwa buahnya sangat organik karena diproduksi tanpa menggunakan pupuk kimia atau pestisida.
Setelah penetapan resmi tersebut, diharapkan terjadi peningkatan permintaan terhadap nangka, dan produk olahan turunannya.
Pemerintah juga berencana untuk mendistribusikan bibit pohon nangka unggul, agar masyarakat berkenan menanamnya di halaman belakang, sehingga berpotensi memperluas budidaya buah terkait.
Untuk mendukung hal tersebut, Departemen Agribisnis pada Kementerian Pertanian India, telah membuka sebuah pusat penelitian buah tropis di Ambalavayal.
Selain itu, promosi berjangka juga terus dilakukan untuk mendongkrak pamor nangka Kerala.
***
Sumber : Times of India
Foto : liputan6
print

You may also like...