Lomba Renang Berhadiah Voucher 50 Ribu Viral, DPRD Kota Bogor Panggil Kadispora

karnain

Kejuaraan renang Dispora Cup 2022 dengan hadiah berupa voucher belanja sebesar Rp50 ribu, ramai diperbincangkan di media sosial. Hal itu lantaran hadiah yang diberikan terkesan tak sebanding dengan perlombaan olahraga tersebut. Ketua Komisi IV DPRD Kota Bogor Karnain Asyhar pun mengaku akan segera memanggil Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Bogor.

“Komisi IV DPRD Kota Bogor merasa penting untuk segera memanggil Dispora, agar polemik tentang hadiah Dispora Cup ini tidak menghambat dan mengganggu semangat berprestasi para atlet di Kota Bogor,” ujar Karnain, Senin (31/1/2022).

Karnain menilai, hadiah berupa voucher Rp50 ribu ini sangat tidak layak jika dilihat dari aspek kepatutan. Sebab, menurutnya ajang prestasi, event kejuruan yang mengkompetisikan prestasi beberapa nomor lomba cabang olah raga renang ini seharusnya mampu merumuskan apresiasi yang lebih pantas untuk para juara yang berprestasi. Tidak asal ada hadiah, yang terkesan asal-asalan serta tidak mencerminkan kepantasan apresiasi Pemkot (Dispora) terhadap prestasi para peserta lomba.

“Ini menyangkut harkat dan martabat Pemkot Bogor dan martabat para juara. Tak sepatutnya para juara diberikan apresiasi alakadarnya,” ungkap Karnain.

Lebih lanjut, Karnain juga menilai dari aspek motivasi berprestasi, seharusnya hadiah yang diberikan tidak sekadarnya saja. Karena hal ini berkaitan dengan motivasi para atlet muda Kota Bogor.

Untuk itu, ia menyayangkan pihak Dispora Kota Bogor tidak melakukan peninjauan ulang besaran hadiah yang dialokasikan kepada para juara. Padahal seharusnya, pihak Dispora bisa melipatgandakan nilai hariah, agar para juara lebih termotivasi untuk berprestasi pada event-event selanjutnya.

“Jika apresiasinya lebih rendah dari biaya pendaftaran ini bisa merumtuhkan motivasi dan sportifitas serta semangat juang peserta untuk berkompetisi dan berprestasi,” tegasnya.

Politisi PKS ini juga mengkritik Dispora yang dinilai tidak serius dalam menjaring bakat-bakat muda di Kota Bogor. Dimana seharusnya, event yang digelar dalam skala tingkat Kota Bogor bisa memberikan reward yang lebih besar dan menjadi ajang prestisius.

Padahal, jika Dispora meminta dukungan anggaran untuk menyiapkan lomba untuk menjaring bakat muda di Kota Bogor, Karnain mengaku DPRD Kota Bogor siap mendukung.

“Jika panitia dan Kadispora serius mencari bakat atlet berprestasi, seharusnya mengelola event pencarian bakat atlet berprestasi ini didesain dengan matang, dengan dukungan anggaran yang pantas dan menunjukkan martabat event tingkat kota untuk menyelamatkan marwah dan martabat Pemkot Bogor. Kami juga siap mendukung jika memang anggaran itu dibutuhkan,” kata Karnain.

Terakhir, Karnain pun menyampaikan terimakasih kepada pihak Garuda Sport Indonesia (GSI) yang menginisiasi lomba dan maumengelola event kejuaraan renang dalam membngun prestasi renang di Kota Bogor. Namun ia menyayangkan pihak Dispora yang tidak menangkap dengan respon positif.

“Inisiatif ini seharusnya ditangkap positif oleh Dispora dengan menguatkan event ini menjadi event yang lebih bergengsi guna mendukung munculnya bakat altet renang yang berprestasi,” pungkasnya.

Penulis PRatama/rls

Editor Aldho Herman

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *