Kreatif, Rancamaya Buat Film Pendek Kami Manusia Biasa

Tak semua orang mengenal dan mengetahui apa itu babinsa dan babinkamtibmas, padahal kedua petugas tersebut berada di sekitar kita setiap harinya. Alasan itulah yang melatarbelakangi Lurah Rancamaya Hardi Suhardiman untuk membuat film pendek berjudul Kami Manusia Biasa.

Menurut Hardi, selama ini masyarakat hanya tahu kalau Babinsa dan Babinkamtibmas itu adalah polisi dan tentara (TNI), yang tugasnya ada di kelurahan. Masyarakat tidak tahu jika peran dan fungsi kedua petugas aparat keamanan itu, memiliki tugas penting di masyarakat.

“Saya sering ngobrol dengan masyarakat, saya tanya tahu ga yang pake baju coklat sama loreng itu siapa? jawaban mereka kebanyakan, itu tentara sama polisi. Tanpa mengetahui peran dan fungsinya. untuk itulah saya ingin mengangkat mereka, sehingga warga tahu tugas babinsa dan babinkamtibnas,” kata Hardi, usai nonton bareng film pendek Kami Manusia Biasa, Jumat (11/3/2022).

Hardi menambahkan, di balik peran dan fungsinya yang sangat penting di masyarakat, yakni membantu kelurahan memberikan rasa nyaman dan mengkondusifkan situasi di masyarakat. Mereka juga memiliki masalah yang sama dengan semua masyarakat pada umumnya.

“Dalam film itu diceritakan permasalahan dan tugas babinsa babinkamtibmas. Di sana diceritakan mereka juga punya keluarga, dan punya masalahnya masing-masing. Ada yang harus tetap bertugas ke masyarakat karena ada permasalahan, padahal anaknya yang masih bayi sedang sakit dan harus dibawa ke rumah sakit. Insting sebagai kepala keluarga harus tarik menarik dengan tugasnya di masyarakat yang harus segera diselesaikan,” katanya.

Sementara itu Kapolsek Bogor Selatan, Kompol Diana Sulistiowati, mengapresiasi penanyangan film pendek berjudul Kami Manusia Biasa yang mengangkat kehidupan dan tugas dari Babinsa serta Babinkamtibmas. 

“Tak semua orang tahu tugas dan fungsi babinsa maupun babinkamtibmas. Semoga dengan penayangan film ini, warga lebih memahami dan membantu tugas babinsa babinkamtibmas di masyarakat,” kata Kapolsek.

Dalam pembuatan film ini, semua pemeran diperankan oleh Babinsa dan Babinkamtibas Kelurahan Rancamaya. Serta melibatkan semua warga Rancamaya. Selain itu film ini juga digarap oleh artis dan crew film Dunia Terbalik.

Penulis Pratama

Editor Aldho Herman

 

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *