Kota Muslim Kuno di Spanyol Masuk Daftar Situs Warisan Dunia

DUNIA Islam kembali mendapat penghargaan setelah sebuah kota Muslim dari abad pertengahan yang terletak dekat Kota Cordoba, Spanyol, masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada hari Minggu kemarin.

Kota bernama Medina Azahara itu merupakan situs abad ke-10 yang menyediakan pengetahuan mendalam tentang peradaban Islam di Barat yang kini telah menghilang saat Al-Andalus (Spanyol Muslim) mencapai masa keemasannya.

Dalam pertemuan di Bahrain, UNESCO menyatakan bahwa setelah mengalami masa keemasan selama beberapa tahun, kota istana yang luar biasa, yang merupakan ibukota Al-Andalus, itu terpuruk akibat perang sipil.

Perang yang berlangsung selama satu tahun antara 1009 hingga 1010 mengakhiri pemerintahan Khilafah Cordoba di Medina Azahara.

Kota tersebut dibangun sebagai simbol kekuasaan untuk menyaingi kekhalifahan Baghdad, tetapi hanya berlangsung kurang dari satu abad.

Medina Azahara hancur setelah terjadi pemberontakan yang mengakhiri Kekhalifahan Cordoba pada awal abad 11.

Sisa-sisa kota itu terlupakan selama hampir 1.000 tahun sampai penemuan kembali pada awal abad 20.

UNESCO mengatakan situs ini adalah harta karun untuk arkeolog karena menyajikan struktur perkotaan lengkap termasuk jalan, jembatan, sistem air, bangunan, elemen dekoratif dan benda sehari-hari.

Sehari sebelumnya, UNESCO telah menambahkan enam situs lainnya ke dalam daftar Situs Warisan Dunia 2018. Termasuk di antaranya adalah tempat berburu suku Inuit di Greenland, kuil Buddha kuno di Korea, situs pra-Islam di Iran, dan gedung Art Deco di Mumbai, India.

***

Sumber: Alarabiya.net

Foto : Dream.co.id

print

You may also like...