Korut Klaim Telah Temukan Obat MERS

PYONGYANG – Korea Utara (Korut) mengaku telah berhasil menemukan obat untuk menyembuhkan virus MERS. Virus tersebut telah menjadi endemik di negara tetangga Korut, yakni Korea Selatan (Korsel), dimana sudah lebih dari 20 orang meninggal akibat virus tersebut.

Klaim tersebut diutarakan oleh seorang ilmuwan Korut yang berasal dari Farmasi Pugang, Dokter Jon Sung-hun. Dirinya mengatakan, perusahaan tempat ia bekerja telah mengembangkan sebuah obat yang dijuluki ‘Kumdang-2’ untuk mencegah sekaligus mengobati penderita virus MERS.

“Obat yang kami juluki Kumdang-2 itu dapat mencegah sekaligus mengobati epidemi ganas seperti virus MERS,” kata Sung-hun dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir The Korea Herald pada Jumat (19/6/2015).

“Kumdang-2 terbuat dari ekstrak ginseng yang kami campurkan dengan beberapa unsur tanah yang sangat jarang ditemukan,” sambungnya.

Namun, banyak pengamat masih meragukan obat yang telah dibuat oleh Pugang tersebut. Keraguan ini muncul karena obat itu belum pernah menjalani uji coba, dan klaim tersebut juga belum terverifikasi oleh pihak internasional.

MERS, yang pada awalnya hanya berkembang di kawasan Timur Tengah mulai menjadi perhatian di Asia setelah ratusan orang di Korsel terpapar virus itu. MERS juga dikabarkan mulai menyebar ke bebebarapa negara Asia lainnya, salah satunya adalah Thailand.

(esn)

source: sindonews

print

You may also like...