Kolam Resapan Air Hampir Rampung

KOLAM resapan air  hujan yang dibuat di halaman depan kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda)  Kota Bogor,  sudah hampir rampung.

Proyek kolam resapan air yang menggunakan metode kolam resapan PRISM (Plastic Rain Water Infiltration and Storage Metdod) ini bertujuan untuk memanfaatkan limpahan air hujan.Teknologi ini  dikembangkan di Jepang, dan kali ini dicoba diterapkan di Kota Bogor. Direktorat Jenderal Sumberdaya Air, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, memilih Kota Bogor untuk menerapkan percontohan pembuatan kolam resapan yang mempergunakan teknologi baru tersebut.

Sesuai kesepakatan kerjasama  yang disepakati Pemerintah Kota Bogor dengan Direktorat Jenderal Sumberdaya Air, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, pertengahan Agustus 2015 nanti akan dibangun dua unit kolam resapan. Masing-masing di halaman parkir Kantor Bapeda Kota Bogor dan halaman Kantor Kecamatan Bogor Utara.

Kesepakatan kerjasama itu tertuang dalam dokumen Perjanjian Kerjasama antara Ditjen Sumberdaya Air Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan Pemerintah Kota Bogor Nomor 005/2510 – Bag.Kerjsama dan Nomor 051/Perj.27-Bapeda/2015 tertanggal 14/7/2015.

Pantauan kabaronline di lapangan, sejumlah pekerja sedang melakukan pengurugan dan pengerasan bagian atas kolam yang sudah tertutup.

“Sudah 90 persen mas, ini nanti di atasnya bisa dipakai parkir mobil lagi,” kata salah seorang pekerja. | yuda |

print

You may also like...