Kinerja PDAM Tirta Paakuan Selama 2019 Memuaskan

Kinerja Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota Bogor dinilai pelanggan memuaskan. Hal tersebut terungkap dalam  survei pelayanan  pelanggan sepanjang tahun 2019, Senin (13/01/2020).

Menurut Jamalis Manager Humas dan pelayanan pelanggan PDAM Tirta Pakuan, survei ini dilakukan setiap tahun. Dimana dalam surveinya menggunakan kepuasan Pelanggan (IKP) digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap PDAM Tirta Pakuan.

“kami  juga menggunakan CSI untuk mencerminkan tingkat kepuasan konsumen secara menyeluruh dengan memperhatikan tingkat kepentingan dan nilai kinerja konsumen terhadap atribut- atribut yang dimiliki oleh produk atau jasa yang digunakan oleh konsumen,” katanya.

Selain itu ada Importance performance Analysis (IPA) adalah model yang digunakan untuk menganalisis sejauh mana tingkat kepuasan pelanggan. Tingkat kinerja dan kepentingan yang diukur dapat menentukan tingkat indeks kepuasan pelanggan untuk produk dan jasa pelayanan.

“Indeks Kepuasan Pelanggan (IKP) untuk pelayanan produk memiliki nilai 74% dan masuk ke dalam kategori PUAS. IKP untuk pelayanan jasa memiliki nilai 74% dan masuk ke dalam kategori PUAS. IKP pelayanan produk tertinggi sebesar 78% yang masuk kategori puas berada pada Zona 1 dan Zona 5,” ujarnya kepada wartawan.

Sedangkan IKP pelayanan produk terendah, walaupun masih berada dalam kategori puas, lanjut Jamalis adalah sebesar 72% dan berada di Zona 4.

“IKP pelayanan jasa tertinggi sebesar 78% yang masuk ke dalam karegori puas dan berada pada Zona 1 dan Zona 5,” ucapnya.

Setelah itu, IKP pelayanan produk terendah walaupun masih berada dalam kategori puas adalah sebesar 69% dan berada di Zona 4.

“Secara umum atau keseluruhan, atribut pelayanan produk dan pelayanan jasa yang diberikan PDAM Tirta Pakuan berada pada Kuadran I, Il dan II, Hal tersebut berarti bahwa tidak ada atribut yang memerlukan penanganan serius,” pungkasnya.

kontributorpratama

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *