Ketua PWI Kota Bogor: Membangun Itu Harus dengan Kebersamaan

Perhelatan 3 tahunan, Konferensi PWI Kota Bogor tahun 2021 digelar dengan tema’Wartawan Benar, Benar Wartawan’ dan dengan sub tema, Pers Merdeka, Bertanggung Jawab, Terlindungi pada Sabtu (02/10/2021). Acara yang digelar di Aula Mapolresta Bogor Kota, Jalan Kapten Muslihat, Kecamatan Bogor Tengah ini menetapkan Arihta Utama Surbakti sebagai ketua PWI Kota Bogor periode 2021-2024.

Kali ini Arihta didampingi oleh Herman Indrabudi atau yang akrab disapa Aldho sebagai Sekretaris PWI Kota Bogor, dan Suhairil Anwar sebagai Bendahara. Eko Hadi sebagai Wakil Ketua  dan Syarif Hidayatullah sebagai Wakil Sekretaris.

“Waktu itu saya ketemu dengan kang Ari di sebuah tempat di jalan kesehatan, yang ada bangunan roboh, tidak berfungsi. Bangunan tersebut awalnya tempat berkumpulnya wartawan. Saat itu tentu saya merasakan dan berpikir akan ikut mendukung semampunya. Paling tidak ada perhatian dari kami, bisa membantu membangkitkan PWI Kota Bogor. Dan terbukti hari ini PWI sudah berbeda, jadi sudah banyak sekali perubahan,” kata Wakil Wali Kota Dedie A Rachim dalam sambutannya.

Dedie juga mengungkapkan, profesi wartawan ini luar biasa, nilai profesi wartawan itu terdiri dari tiga hal. Pertama ada nilai kejujuran integritas dan setia kepada kebenaran jadi sebagai pilar keempat dari demokrasi.

“Saya pikir sebuah profesi yang sangat practisius. Ada kebakaran, wartawan bukan menghindar malah mendatangi. Kan jadi luar biasa. Untuk itu  harus dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan,” bebernya.

Sementara, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor, Atang Trisnanto menuturkan goresan pena menuliskan banyak cerita goresan yang bisa menggerakan sebuah bangsa.

“Jadi profesi wartawan ini sungguh luar biasa bisa menuliskan banyak cerita bisa menggerakan sebuah bangsa. Jadi wajar tadi disampaikan ketua pwi Kota Bogor, pwi lahir tidak kurang satu tahun setelah merdeka. Karena pena yang bisa menggerakan bangsa kita dan saya berharap dengan goresan pena teman teman wartawan khususnya di Kota Bogor kita bisa menggerakan Kota Bogor bangkit dari pandemi Covid-19,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Atang memaparkan, jajaran DPRD Kota Bogor menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada PWI Kota Bogor yang sangat luar biasa, selama tiga tahun mengalami kemajuan yang begitu pesat.

“Kami mengucapkan selamat atas terselenggaranya konferensi hari ini (kemarin). Kita memperingati hari kesaktian pancasila semoga pancasila selalu mengakar di kehidupan sehari hari. Dan ini adalah kesaktian PWI Kota Bogor,” paparnya.

Di tempat yang sama, Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat, menjelaskan saat ini ada  250.000 wartawan yang menjadi anggota PWI. Hanya kurang dari  70 persen yang sudah terkompetensi.

“Minggu lalu saya bertemu pak Gubernur Jawa Barat, kemudian saya mendapat laporan yang mengaku-ngaku wartawan di daerah. Banyak kepala sekolah yang takut dengan wartawan, nah tugas PWI itu memverifikasi media. Selain itu kepada para anggota PWI harus menjaga marwah,” tegasnya.

D ilokasi yang sama, Ketua PWI Kota Bogor Arihta Utama Subakti menyampaikan, ucapan terimakasihnya kepada para pengurus PWI Kota Bogor yang sudah berjuang bersama PWI Kota Bogor selama 3 tahun. Ia juga menyampaikan terimakasih kepada panitia yang sudah mengerahkan seluruh pikiran dan tenaga agar pelaksanaan konferensi ini berjalan lancar.

“Terimakasih atas dukungannya kepada kawan-kawan PWI Kota Bogor semua sehingga saya sudah dipercaya kembali menjadi ketua PWI Kota Bogor. Saya harap ke depannya kita semakin guyub, sehingga bisa membangun PWI Kota Bogor lebih baik lagi. Karena untuk membangun PWI Kota Bogor ini butuh kebersamaan,” pungkasnya.

Penulis Fauzi

Editor Aldho Herman

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *