Jadi Tuan Rumah Kongres JKPI, Kota Bogor Tonjolkan 3 Identitas

Tugu Kujang Kota Bogor. doc.sentul.city

Warga Kota Bogor patut bangga, lantaran kota berjuluk kota hujan ini mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah Kongres ke V Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) pada 2-5 Desember 2021.

Sedikitnya 12 kota yang menjadi deklarator JKPI adalah Surakarta, Yogyakarta, Denpasar, Pekalongan, Ternate, Pangkalpinang, Ambon, Surabaya,Medan, Pontianak, Surabaya dan Blitar, akan berkumpul di Kota Bogor.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Atep Budiman. Menurutnya, persiapan JKPI sudah dilakukan sejak jauh hari, agar pelaksanaan berjalan lancar.

“Sesuai dengan standar baku acara JKPI, kami sudah persiapkan dari jauh hari. Semua persiapan, baik kongres maupun rakornas dan seminar sudah on the track. 12 Kota deklarator JKPI akan hadir,” kata Atep.

Hal senada disampaikan Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Bogor, Dody Ahdiat. Menurut Dody yang ditunjuk sebagai pimpinan panitia, pihaknya sudah mempersiapkan sejumlah rangkaian acara, termasuk beberapa venue dan detail acara kongres.

“Kita sudah mempresentasikan kesiapan menjelang 2 Desember nanti ke Wali Kota. Alhamdulillah secara umum direspons positif oleh pak wali sesuai apa yang diharapkan sebagai tuan rumah Kongres. Tinggal pelaksanaannya saja,” kata Dody.

Dalam pelaksaannya yang akan berlangsung mulai Kamis 2 Desember hingga Minggu 5 Desember 2021 itu, lanjut Dody, akan menonjolkan tiga identitas Kota Bogor. Kota Bogor sebagai Kota Cerdas (Smart City), Kota Hijau (Green City), dan Kota Pusaka (Heritage City).

Dody menambahkan, acara yang berlangsung selama 3 hari tersebut memiliki agenda utama, yakni memilih dewan presidium dan pengurus untuk masa bakti 2022-2024.

“Delegasi yang datang akan disambut di Balai Kota Bogor oleh wali kota Bogor, wakil wali Kota Bogor, dan sejumlah pejabat Pemkot Bogor. Dan ada welcome dinner di area gedung eks Bakorwil atau di Bogor Creative Center (BCC) dan acara pameran,” jelasnya.

Pada Jumat 3 Desember dan Sabtu 4 Desember 2021 akan ada pagelaran seni yang juga digelar di Bogor Creative Center,  Sabtu 4 Desember 2021 ada City Tour mengunjungi ke beberapa tempat di Kota Bogor, gala dinner dan karnaval.

“Pamungkasnya digelar Minggu 5 Desember, Kongres ke-V JKPI di Puri Begawan yang rencananya dihadiri Mendikbudristek Nadiem Makarim, Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno, dan para gubernur beserta tamu undangan lainnya.

Penulis Pratama

Editor Aldho Herman

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *