Izin Makin Mudah dengan OSS

Wajar saja jika Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bogor mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat dalam hal perizinan. Setelah sukses menerapkan SMART (Sederhana, Mudah, Akuntabel, Ramah, dan Tepat Waktu), kini DPMPTSP di bawah kepemimpinan Deny Mulyadi menggencarkan Sosialisasi Sistem Perizinan Online Single Submission (OSS) di ruang rapat 1 atau Paseban Sri Baduga Balaikota Bogor, Selasa (18/12/18).

Menurut Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bogor, Deny Mulyadi mengatakan bahwa sistem perizinan Online Single Submission (OSS) itu sesuai Peraturan Pemerintah nomor 24 tahun 2018 tentang elektronik terintegrasi.

“Di Kota Bogor sistem Online Single Submission (OSS) telah berlaku pada bulan September 2018 yang lalu. Sistem ini diberilakukan dengan harapan makin memudahkan investor dan pemohon izin agar lebih cepat dan mudah. Jadi pendaftaran perizinan tidak perlu ke kantor, bisa dimana saja,” ujar Deni.

Dalam OSS ada beberapa penyederhanaan NIB (Nomor Induk Berusaha), lanjutnya, jadi setelah NIB keluar, pemohon tinggal mengajukan izin usaha dan operasional. IP, IMB, IL, SEF.

“Dalam OSS, 12 izin operasional disederhanakan menjadi SIUP. OSS ini bisa diakses melakukan aplikasi Play Store atau bisa diklik di WWW.OSS.GO.ID. Intinya makin memudahkan pemohon,” katanya.

Hadir dalam sosialisasi tersebut Direktur Dekonsentrasi Tugas Pembantu dan Kerjasama Ditjen Bina Adm 1 Kementerian Dalan Negeri RI, Sugiarto, SE, M.Si., Kasubdit Perizinan Sektor Sekunder BKPM RI, Kukuh Agung Pribadi.

Reporterpratama

print

You may also like...