Ingatkan Soal Nilai Pancasila, BPIP Gelar Bedah Musik Kebangsaan

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) kembali menggelar acara Bedah Musik Kebangsaan yang dilaksanakan di Kampus IPB University, Dramaga, Selasa (12/10/2021).

Sekretaris IPB University, Aceng Hidayat mengapresiasi kegiatan musik yang dimodifikasi dengan lagu kebangsaan, maupun daerah ini, Menurutnya hal tersebut akan sangat efektif, untuk mengenalkan kembali nilai-nilai Pancasila kepada kaum muda, dan mahasiswa khususnya.

“IPB University ini adalah universitas yang Pancasilais,” kata Aceng.

Ia berharap, gelaran Bedah Musik Kebangsaan ini bisa memberikan manfaat yang sangat luar biasa, menginternalisasi generasi muda milenial. Sehingga nilai budaya Indonesia ini dapat dilestarikan dan diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Umum BPIP, Karjono menuturkan, kegiatan yang digagas BPIP ini merupakan instruksi langsung dari Presiden Jokowi, guna mengenalkan nilai-nilai ideologi pancasila kepada kaum  milenial masa kini melalui 4 cara. Diantaranya, musik yang kini tengah dilaksanakan, kuliner, olahraga dan film.

“Itu arahan dari Presiden supaya generasi milenialnya bisa sangat luar biasa mengenal ideologi dan nilai-nilai Pancasila,” ungkapnya.

Dirinya juga mengajak mahasiswa IPB, maupun kaum muda milenial yang hadir dalam acara ini, mari sama-sama memperkenalkan nilai-nilai ideologi pancasila dan dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari nanti.

Menurutnya, ada 4 hal untuk mengenal nilai ideologi Pancasila ini, dan diantaranya selalu ingat Pancasila, karena Pancasila ini merupakan perjanjian bangsa kepada rakyatnya, kedua ada bhineka tunggal Ika yang arti lainnya meski berbagai warna masyarakat Indonesia tetap satu, yakni NKRI dan Undang-Undang Dasar (UUD) negara republik Indonesia tahun 1945.

“Hal ini yang harus kita sama-sama pegang teguh ideologi Pancasila sebagai landasan dasar negara Republik Indonesia,” tegasnya.

Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung menyampaikan, kegiatan Bedah Musik Kebangsaan ini bukan lah perhelatan anggota Komisi II DPR RI, melainkan acara  BPIP yang didukung  semua pihak, termasuk anggota Komisi II DPR RI.

“Jadi giat ini, merupakan ajang mempersatukan kedua gagasan antara BPIP yang diperintahkan presiden bagaimana caranya untuk mensosialisasikan Pancasila terutama untuk kalangan muda melalui 4 media sosialisasinya, film, olahraga, kuliner dan musik,” ujarnya.

Penulis A Fauzi

Editor Aldho Herman

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *