Hobby Bertanam Hias? Ini Petunjuk Siram Tanaman

Di masa sindemi Covid-19, banyak orang menyibukkan diri dengan bertanam, khususnya tanaman hias. Tak ayal lagi sekarang banyak toko tanaman diserbu orang, mulai dari bermobil sampai pakai sepeda motor.
Namun, banyaknya pemula di bidang tanaman, belum mengetahui waktu yang tepat untuk menyiram tanaman sebagai perawatannya.
Sebab, menyiram tanaman merupakan hal dasar untuk membuat “anak-anak hijau” ini hidup dan subur. Namun, menyiram tanaman juga ada aturannya. Jika berlebihan, tanaman mudah busuk dan mati.
Menyiram tanaman di siang hari juga tidak disarankan, karena waktu-waktu itu adalah saat dimana tanaman sedang berfoto sintesis atau memasak makanan.
Idolanya kegiatan menyiram tanaman dilakukan pagi hari dari pada di sore hari. Penyiraman pada pagi bisa menjadi bekal menghadapi udara panas.
Idealnya kegiatan menyiram tanaman dilakukan pagi hari dari pada di sore hari. Penyiraman pada pagi bisa menjadi bekal menghadapi udara panas.
Selain itu, jika kita menyiram dari atas tanaman, air di daun akan menguap di siang hari. Namun, jika kia menyiram di sore hari, air yang menempel di daun akan mengendap di sana yang akan menyebabkan penyakit daun.

Pangkal tanaman

Cara menyiram juga harus diperhatikan, lebih baik menyiram tanaman dari pangkalnya dengan menggunakan penyiram atau selang air.
Menyiram tanaman langsung pada akar juga dapat membatasi penguapan yang akan membuat tanaman menjadi kering
Penyiraman pagi hari juga bermanfaat untuk tanaman musiman dan sayuran, yang umumnya memiliki akar yang lebih dangkal sehingga sulit mengambil kelembaban di tanah yang lebih dalam.
Dan sering-seringlah mengecek tanaman. Saat daunnya terlihat terkulai dan layu, segera siram bagian akar secukupnya.
Tanaman yang layu sebelum waktu menyiram tiba bisa terjadi karena penguapan berlebih karena udara panas, hingga tanaman yang semakin besar dan membutuhkan semakin banyak air.

Bagaimana dengan tanaman dalam pot?

Jika kamu menanam tanaman di dalam pot, saat matahari bersinar terik, kemungkinan kamu perlu menyiram mereka dua kali sehari yakni di pagi dan sore hari.
Penyiraman pagi hari membentengi tanaman dari panasnya siang hari, dan penyiraman sore menggantikan apa yang hilang.
Namun, aturan itu tidak berlaku bagi tanaman kaktus yang justru jangan terlalu sering disiram.
Tanaman yang baru dipindahkan ke tempat yang baru juga butuh lebih banyak air untuk tumbuh subur. Siram perlahan, kira-kira air sampai ke akar untuk merangsang pertumbuhan akar.

Sumber: Kompas.com
Editor: Adi Kurniawan

print

You may also like...

Leave a Reply