Halodoc Kembali Gelar Vaksinasi Drive Thru di Kota Bogor

Halodoc, selaku mitra resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam percepatan program vaksinasi Covid-19 akan terus meningkatkan pelayanan untuk mencapai target vaksinasi di Kota Bogor.

Hal ini diungkapkan CEO Halodoc, Jonathan Sudarta saat audiensi dengan Wali Kota Bogor, Bima Arya di Paseban Punta, Balai Kota Bogor, Senin (19/4/2021).

Ia menuturkan, hari ini pihaknya kembali memulai pelaksanaan vaksinasi Drive Thru di GOR Pajajaran bekerjasama dengan Dinkes Kota Bogor.

“Kami diskusi dan berharap proses vaksinasi kepada warga dapat diberikan dengan rasa nyaman, apalagi vaksin menjadi ‘senjata’ agar Indonesia lepas dari Pandemi Covid-19,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya meminta Halodoc untuk memperbaiki sistem antrean peserta vaksinasi, sehingga tidak menimbulkan kerumunan.

“Kota Bogor tuh selama ini pelaksanaan vaksinasinya berjalan lancar di gedung besar dan tidak pernah menimbulkan kerumunan,” ujarnya.

Namun kata Bima Arya, vaksinasi yang menyebabkan kerumunan terjadi akibat pemberitahuan jadwal vaksinasi kepada peserta tidak dijelaskan secara rinci oleh Halodoc.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Bogor, Sri Nowo Retno menuturkan, vaksinasi Drive Thru di Kota Bogor bagi lansia bekerjasama dengan Dinkes Kota Bogor sebelumnya berjalan lancar.

Namun, karena volunteer sedang menjalankan puasa Ramadan dan lokasi vaksinasi di outdoor membuat banyak volunteer baik itu dokter, perawat dan bidan mengundurkan diri.

Tak ayal Dinkes Kota Bogor kekurangan SDM dan kemudian Dinkes berkoordinasi dengan Halodoc perihal SDM ini, namun dari Halodoc pun tidak sanggup menyiapkan SDM.

“Kalau lokasi di indoor volunteer sanggup, karena kan sambil duduk dan tidak panas. Kami juga tidak bisa memaksa karena mereka kan sukarelawan,” ujar Retno.

Retno mengatakan, kekurangan SDM membuat Halodoc dan Dinkes bersepakat untuk menggabungkan vaksinasi pada Rabu, Kamis dan Jumat di hari yang sama yakni Jumat.

Meski digabung dengan jumlah sekitar 814 peserta, Dinkes memerintahkan Halodoc agar membagi jam kedatangan peserta yakni pukul 09.00, 10.00 dan 11.00 WIB.

“Halodoc tidak menginfokan jadwal vaksinasi ke peserta terkait jamnya, sehingga Jumat lalu seluruh peserta datang pukul 08.00 WIB yang menyebabkan kerumunan,” ujarnya.

rls

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *