DPRD Bangka Kunjungi PDAM Kota Bogor

PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor menerima kunjungan kerja Komisi II DPRD Kabupaten Bangka pada Rabu pagi (19/7). Sebanyak delapan anggota beserta tiga staf Sekretariat DPRD disambut Sekretaris PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Rinda Lilianti di ruang rapat utama.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bangka Imelda mengatakan, kunjungan rombongan ke Kota Bogor dalam rangka menggali ilmu tentang sistem pengelolaan pelayanan air bersih yang dikembangkan PDAM Tirta Pakuan.

“Ini bukan pertama kalinya DPRD dan PDAM Kabupaten Bangka belajar pengelolaan air bersih ke PDAM Kota Bogor. Beberapa bulan lalu, tim pansus DPRD dan manajemen PDAM Kabupaten Bangka juga sempat berkunjung ke tempat ini. Bagi kami, pengelolaan PDAM Kota Bogor sudah sangat baik, sehingga kami merasa perlu untuk berkunjung kembali ke sini,” kata Imelda dalam sambutan perkenalannya.

Imelda memperkenalkan anggota rombongan yang turut serta mendampinginya ke Kota Hujan. Antara lain wakil ketua komisi Surya Grani, sekretaris Kurtis, para anggota Supian. Muskan, Syahbudin, Hairul, dan Herman Suhadi.

Sekretaris PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Rinda Lilianti menuturkan, PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor terus berkembang pesat sejak awal pendirian pada 1977 lalu. Tirta Pakuan telah menjelma menjadi perusahaan besar tingkat nasional, hingga bisa berkontribusi bagi pendapatan daerah Kota Bogor sebesar Rp 25 miliar pada 2015.

“Saat ini jumlah pelanggan PDAM Kota Bogor sebanyak 147.176 sambungan rumah. Jumlah ini mencakup 86,29 persen layanan dari total jumlah penduduk Kota Bogor. Pada 2019, kami menargetkan 100 persen cakupan pelayanan air bersih sesuai target pemerintah pusat,” kata Rinda.

Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Bangka Kurtis mengaku iri dengan perkembangan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor. PDAM Kabupaten Bangka, menurutnya, baru memiliki jumlah pelanggan sebanyak 1500 sambungan rumah.

“PDAM Kabupaten Bangka belum memberikan kontribusi bagi PAD Kabupaten Bangka. Tapi alhamdulillah pada periode direktur Pak Wily (Wely Wiba), perusahaan sudah mulai untung. Makanya kami genjot terus agar bisa memberikan kontribusi seperti yang telah dilakukan PDAM Kota Bogor,” kata Kurtis.

sumberpdamkotabogor.go.id

print

You may also like...