Dinkes Kota Bogor Siap Gelar Pesan

Pekan Sarapan Nasional (Pesan) akan dilaksanakan serentak se Indonesia, begitupula dengan Kota Bogor. Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) akan menyelenggarakan Pekan Sarapan Nasional (Pesan) pada pekan depan.

Seperti diketahui, Pesan merupakan sebuah pekan perayaan mengenai pentingnya sarapan, yang diperingati setiap tahun pada 14 hingga 20 Februari. Peringatan ini dideklarasikan oleh empat organisasi gizi dan pangan di Indonesia pada 8 Januari 2013, yang kemudian didukung oleh Kementerian Dalam Negeri pada 4 Februari 2013.

“Rencananya pekan depan, kita akan menyelenggarakan Pesan. Sebenarnya perayaan sudah lewat, tetapi karena Dinkes banyak kegiatan, sehingga baru dapat dilaksanakan pekan depan,” ujar Fungsional Nutrisionis Ahli Madya Dinkes, Woro Rachtiyah kepada wartawan, Rabu (24/2).

Menurut Woro, Dinkes menargetkan dengan adanya Pesan akan membuat anak TK atau Paud terbiasa makan sarapan yang sehat.

“Rencananya kita nanti pada hari yang sama secara serentak selfie dengan sarapan sehatnya ,dan akan membuat triboun diisi foto anak-anak tersebut,” ungkap Woro.

Kata dia, lantaran saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, Pesan akan dilakukan di rumah masing-masing. “Foto selfie akan serentak dikirim ke WA berikut tribounnya. Nanti kita pamerkan ke sosmed seperti instagram dan youtube,” jelasnya.

Woro menuturkan, Pesan sendiri nantinya akan melibatkan seluruh TK atau Paud yang dibina oleh masing-masing Puskesmas di Kota Bogor. “Jadi yang ikut adalah Paud dan TK yang dibina oleh Dinkes,” ucapnya.

Saat disinggung apakah kebiasaan sarapan sehat masih minim dilakukan oleh anak. Woro mengaku, berdasarkan analisa pihaknya masih banyak bekal sarapan anak yang kurang dari kata gizi seimbang.

“Kami belum menghitung secara keseluruhan. Tapi sejauh ini kita sering menemukan hal itu,” tandasnya.

Sebagai informasi, biasanya berbagai perusahaan memanfaatkan Pekan Sarapan Nasional untuk mempromosikan produknya, sejak 2012, setiap tahunnya.

adv

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *