Dies Natalis ke-42, Unpak Kenalkan Green Campus

Dies Natalis ke-42 kali ini, Universitas Pakuan (unpak) mengenalkan Green Campus Universitas Pakuan sesuai  Peraturan Rektor Universitas Pakuan tentang Pedoman Pelaksanaan Green Campus, Selasa (1/11/2022).

Dalam sambutannya, rektor Universitas Pakuan Prof. Dr. rer. pol. Ir. H. Didik Notosoedjono, M.Sc mengungkapkan, Green Campus ini meliputi Penambahan Ruang Terbuka Hijau, Peremajaan pohon atau tanaman, penyemaian tanaman/anursery untuk kampus, pengembangan laboratorium kebun percobaan Biologi.

“Peningkatan attitude, mindset dan perilaku Pro Lingkungan melalui Pendidikan dan Riset tentang SDGs (Sustainable Development Goals), Pembuatan Web tentang Green Campus, Riset dan Pengabdian Masyarakat yang mendukung Pendidikan Berkelanjutan, Memasukkan konsep Pendidikan Lingkungan di Kurikulum Universitas Pakuan,” jelasnya.

Sementara itu, Dosen Universitas Pakuan yang juga mantan Rektor Unpak, Prof. Bibin Rubini, M.Pd mendukung penuh langkah yang dilakukan Prof. Didik tersebut.

“Saya sebagai dosen di Universitas Pakuan harus memberikan satu dukungan baik moril maupun materil terhadap rencana yang akan dilakukan Rektor Prof. Didik Notosujono,” ucapnya.

Menurut Bibin, program Green Campus tersebut merupakan implementasi dari program keberlanjutan yang telah dicanangkan.

“Ini artinya ada satu pembaharuan yang digagas Rektor untuk lebih bisa menjangkau, karena tahun sebelumnya juga pernah program Green Campus, dan sekarang lebih pada implementasinya,” jelasnya.

Green Campus itu lanjutnya, tidak selamanya harus banyak tumbuhan di dalam kampus saja.  Tapi lebih dari kesadaran seluruh sivitas kampus akademika, yakni membentuk budaya sivitas akademika untuk lebih peduli pada budaya yang berbasis pada kelestarian lingkungan.

Penulis Ahmad Fauzi

Editor Herman

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *