Desa Tapos 1 Masuk Kategori 10 Desa Wisata Terbaik

DESATapos 1, Kecamatan, Tenjolaya, Kabupaten Bogor masuk ke dalam kategori 10 besar Desa Wisata terbaik di Indonesia. Hal tersebut tak lepas dari keseriusan desa menjaga kearifan lokal dan menjunjung tinggi nilai kebudayaan.Dengan konsep mengusung Desa Wisata sejak tahun 2010, kini masyarakat Tapos sebagai desa penghasil kucay dan cingcau hitam terbesar di Kabupaten Bogor gencar memberikan penyuluhan tentang pengertian sebuah Desa Wisata. Banyaknya potensi dan keindahan yang dimiliki menjadikan masyarakat membentuk sebuah Desa Wisata berbasis alam.

” Hingga saat ini untuk pembentukan Desa Wisata masih terfokus pada Kampung Neglasari, dan Kampung Sinarwangi, nantinya seluruh kampung akan ada pembinaan khusus terkait Desa Wisata ini,” Ungkap Ketua Forum Desa Wisata Tapos 1 , Hendibal kepada Kabaronline, kemarin.

Hendibal mengatakan, ada beberapa paket wisata yang diajukan, selain potensi wisata alam yang sangat indah juga para pengunjung diperlihatkan kebudayaan lokal berupa tradisi permainan kecapi buhun yang di tawarkan Desa Tapos 1.

Dijelaskannya, persiapan dari masyarakat pada intinya, ketika mereka sudah diberikan pelatihan, dimana nantinya rumah-rumah masyarakat akan di jadikan homestay.

” Nanti pengunjung dapat berbaur langsung dengan masyarakat dan mengenal kearifan lokalnya,” katanya.

“Jangan kira kebudayaan termakan oleh zaman, di Desa wisata seluruh kebudayaan yang bersifat turun temurun masih terus dijaga kelestariannya. Itulah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke desa kami,” tambah Dia.

Hendi beserta jajaran aparatur Desa lainnya mempersiapkan agar pemberdayaan masyarakat jauh lebih baik dari saat ini sebagai awal pemekaran Bogor Barat.

“Karena Bogor Barat akan muncul sebagai kawasan pemekaran maka tidak hanya potensi wilayah yang harus siap akan tetapi SDM pun harus siap. Dengan dijadikan Desa wisata masyarakat sedikit demi sedikit belajar untuk memperbaiki hidup mereka,” paparnya. DR

print

You may also like...