Buka Kantor Baru, LBH Yuris dan DPC KAI Siap Bantu Warga Miskin

Masih kurangnya kesadaran masyarakat tentang hukum, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yuris Keadilan Anak Bangsa bersama DPC Kongres Advokat Indonesia (KAI) Bogor Raya meresmikan kantor baru di kawasan The Fusion Bogor Nirwana Residence (BNR), Kecamatan Bogor Selatan pada Rabu (28/9/2022) siang.

Dibukanya kantor LBH Yuris dan DPC KAI, maka masyarakat tidak mampu yang membutuhkan layanan hukum bisa dibantu.

Menurut Ketua DPC Kongres Advokat Indonesia Bogor Raya A Noer Ally mengatakan, DPC KAI Bogor Raya dan LBH Yuris selama ini fokus terhadap memberikan layanan hukum terutama bagi masyarakat tidak mampu.

“Selama ini kami fokus terutama pada memberikan layanan hukum kepada masyarakat tidak mampu. Makanya kami juga ada LBH-nya. Masyarakat bisa akses secara gratis dan merata,” ungkap Ally.

Ally melanjutkan, dengan adanya kantor baru di Kota Bogor, dirinya berharap bisa bermanfaat bagi masyarakat Kota Bogor, yang tengah mengalami persoalan hukum maupun berbenturan dengan pelayanan hukum di Kota Bogor. 

“Kami berikan layanan cuma-cuma kepada masyarakat. Selain bantuan hukum, kami juga akan fokus penyuluhan hukum kepada masyarakat. Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat. Terutama kalangan menengah ke bawah. Ya, jadi kami adakan penyuluhan nanti, maksudnya supaya masyarakat sekitar lebih memahami tentang hukum. Seluk-beluk dan apa saja yang harus dilakukan saat berhadapan dengan persoalan hukum,” terang Ally.

Sementara itu, Presiden KAI pusat Erman Usman yang hadir dalam peresmian kantor baru itu mengapresiasi dan berterimakasih kepada DPC KAI Bogor Raya atas hadirnya kantor baru. Dirinya berharap, para pengurus bisa menyerap apa yang asprasi hukum masyarakat sekitar.

“Bisa berupa bantuan hukum atau penyuluhan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap hukum. Lalu persoalan hukum bisa mendapat perhatian. KAI harus menyerap aspirasi masyarakat, baik pelayanan maupun jasa seperti halnya jasa biasa. Dengan tetap memegang teguh etika dan integritas,” jelasnya.

Erman berpesan, kepada DPC KAI Bogor Raya untuk bisa bekerjasama dengan berbagai pihak, mulai dari pemerintah daerah hingga lembaga lainnya.

“Karena semua punya SDM, kami beri tenaga dan pikiran kami dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat. Ada partisipasi dari KAI. Apalagi, KAI sohor dengan upaya memberikan bantuan hukum kepada masyarakat miskin. Sehingga hal itu mesti dipertahankan dan ditingkatkan,” tegas Erman.

“Intinya, tentu bagaimana pun instansi harus perhatian kepada yang lemah. Orang yang mampu kan bisa cari lawyer, tapi masyarakat miskin belum tentu, karena terbatas akses dan lainnya. Nah peran kita, kita bisa bantu,” pungkasnya.

Penulis Pratama

Editor Aldho Herman

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *