BLK Kandaga Urang Sunda Resmi Dibuka, Ini Kata Dedie A Rachim

Organisasi masyarakat Kandaga Urang Sunda kini telah memiliki program pelatihan berbasis kompentasi Mobile Training Unit (MTU) yang bakal melatih warga membudidayakan sayuran hidroponik.

Pada Kamis (24/11/2022) kemarin, balai pelatihan yang berlokasi di jalan raya Cipaku, Blok Mekar No 5 RT01/RW O3, Cipaku Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor itu secara resmi dibuka Wakil Walikota Bogor Dedi A Rachim didampingi Anas Resmana, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bogor.

Dedi A Rachim mengatakan, pelatihan budidaya sayuran hidroponik itu diharapkan bisa menambah kuat karakter ekonomi masyarakat Kota Bogor.

“Jadi artinya kalau kita bicara karakter, bicara kemampuan masyarakat perkotaan, kalau bisa diajarkan bagaimana mengelola bahan makanan menjadi bahan makanan yang diolah sedemikian rupa yang lebih tahan lama dan mungkin bisa berkontribusi dalam keaneka ragaman UMKM Kota Bogor khususunya di bidang kuliner,” kata Dedi A Rachim Wakil Walikota Bogor.

Dedi menambahkan, hasil pelatihan ini akan lebih cocok kaitannya dengan sektor UMKM. “Karena kalau kita bicara lahan pertanian seprtinya Kota Bogor tidak terlalu banyak.” ujarnya.

Sekretaris Jendral Kandaga Urang Sunda, Gugum Gumelar menambahkan, kiprah Kandaga Urang Sunda diharapkan mendapat dukungan dari pemerintah daerah dalam upaya membangkitkan perekonomian masyarakat untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid 19.

“Kami ingin masyarakat lebih termotivasi tidak terlena hanya mengharapkan pada bantuan yang sipatnya sesaat,” ujar Gugum.

Kandaga Urang Sunda, jelas Gugum, telah bekerjasama dengan beberapa kementerian, diantaranya program padat karya, tenaga kerja mandiri (TKM) kegiatan seminar dan work shop dan gerobang dagang dari PT.POS Indonesia.

Dalam aksi sosialnya, Kandaga Urang Sunda juga telah bekerjasama dengan JMI Peduli dan RS UMMI dalam upaya memberikan bantuan terhadap warga yang terdampak musibah gempa Cianjur.

Penulis/Editor Rb.Adhiyaksa

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *