Birdlife Indonesia Associaton Gelar Keragaman Burung

UNTUK membangun apresiasi, pemahaman, kepedulian, dan andil masyarakat dalam upaya pelestarian burung di Indonesia dan habitatnya, organisasi nirlaba Burung Indonesia (Birdlife Indonesia Association) merayakan keragaman burung di Indonesia 2014.Bertempat di Kebun Raya Bogor (KRB), acara yang mengusung tema Kenali dan Cintai Burung Indonesia ini berlangsung semarak dengan beragam kegiatan. Diantaranya lomba mewarnai bagi anak-anak SD, mendongeng yang disertai dengan ilustrasi, dan menampilkan pelukis naturalis spesialis burung asal Portugal, Paulo Alves.

“Sayangnya, sebagian besar masyarakat masih awam dengan kekayaan yang kita miliki itu. Jangankan mengenal jenis-jenis burung khas Indonesia, jenis umum yang ada di lingkungan kita pun tidak semua orang tahu,” papar Direktur Eksekutif Burung Indonesia, Agus Budi Utomo.

Oleh karena itu, kata Agus, momentum Merayakan Keragaman Burung di Indonesia (MKBI) yang merupakan agenda tahunan ini adalah untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang kekayaan keanekaragaman hayati khususnya jenis burung di tanah air.

“Momentum MKBI juga menjadi sarana sosialisasi program konservasi yang dilakukan Burung Indonesia guna menjaring dukungan masyarakat untuk terlibat dalam pelestarian burung dan habitatnya,” jelas Agus.

MKBI 2014 ini pun, masih kata Agus, diselenggarakan di lokasi kerja Burung Indonesia yang meliputi Bogor, Sumba, Flores, Halmahera, dan Gorontalo.

Dalam cara MKBI ini, Burung Indonesia menggandeng PT Goodyear Indonesia Tbk dan turut dihadiri Wakil Walikota Bogor, Usmar Hariman.DN

print

You may also like...