Bikin Odol dari Cangkang Telur, Taruna Poltekip Juara PIPTK 2022

Sejumlah taruna yang tergabung dalam Tim Kewirausahaan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) berhasil meraih Juara 1 Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) dalam Pekan Ilmiah Perguruan Tinggi Kedinasan (PIPTK) 2022.

Tim Kewirausahaan Poltekip yang terdiri dari Rizki Kurniawan, Akbar Faris Rama Hunafa, Muhammad Idris Ramadhan Siregar, I Putu Bayu Rama Mahendra dan Nur Aprilia Savitri serta mentor dari Tim Kewirausahaan ini ialah Laudita Indahdewi yang merupakan Dosen POLTEKIP.

Dalam kompetisi tersebut, Tim Kewirausahaan Poltekip membawa judul “PASDENTAL: Pasta Gigi Berbahan Dasar Cangkang Telur”. Ide inovasi tersebut dilatar belakangi oleh Lapas dan Rutan yang merupakan salah satu penghasil limbah makanan salah satunya cangkang telur, kemudian cangkang telur juga mengandung sumber kalsium karbonat terbesar dengan konsentrasi 95 persen yang baik untuk kesehatan gigi serta dapat dijadikan nilai tambah yang memiliki nilai guna dan nilai rupiah.

“Ide ini didapatkan dari hasil diskusi kami dengan melihat permasalahan serta potensi yang ada karena memang awalnya kami ingin mengangkat kewirausahaan di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), kemudian kami melakukan persiapan dan menyiapkan segala hal yang kami perlukan dalam pembuatan prototipe,” ucap salah satu anggota Tim Akbar Faris Rama Hunafa saat diwawancarai pada Jum’at (24/06/2022).

Faris mengatakan, timnya melihat potensi yang ada di lapas maupun rutan dan kandungan yang ada di cangkang telur.

“Dalam menjaga kesehatan gigi narapidana dan tahanan kandungan yang ada pada bahan pasta gigi kami, dapat membantu menghilangkan bau mulut, bersifat aromatik membuat pengguna lebih nyaman, membantu membersihkan gigi dan kotoran serta dapat mengatasi gigi sensitif, tentunya manfaat-manfaat ini dapat mengatasi permasalahan pada kesehatan gigi narapidana yang selama ini ada,” ucap Taruna Prodi Manajemen Pemasyarakatan itu.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh civitas akademika Poltekip yang telah memberikan dukungannya, serta kepada Organisasi Senat Korps Taruna yang telah memfasilitasi kami, sehingga dalam mengikuti PIPTK tahun ini dengan baik,” lanjutnya

Wachyu Hari Haji selaku juri dari perlombaan ini mengatakan bahwa “Ide inovasi ini bagus, sangat suka dengan konsepnya, desainya dan saya sangat berharap produk PASDENTAL ini nantinya dapat beredar di Lapas maupun di masyarakat secara luas”.

Sebagai informasi, PIPTK merupakan agenda tahunan yang baru pertama kali diadakan pada tahun 2022 yang peserta dari ajang ini ialah seluruh Perguruan Tinggi Kedinasan di Indonesia. Tema PIPTK tahun ini adalah Mewujudkan Generasi Kritis dan Berwawasan Luas dengan Semangat Cinta Tanah Air Menuju Indonesia Emas.

Dan sebagai tambahan informasi tim Scrabble Poltekip pada ajang lain yang diwakili oleh Dhika Banu Nugroho yang berhasil meraih juara 2.

rls

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *