Besok, 117 Lubang Emas Ilegal Ditutup

PETUGAS gabungan yang terdiri dari TNI, Polri dan Satpol PP Kabupaten Bogor tampaknya akan segera mengakhiri aktivitas penambangan emas ilegal (lilar) di wilayah PT Aneka Tambang (Antam) Gunung Pongkor Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Setelah sebelumnya 686 lubang galian ilegal ditutup, Minggu (20/9/2015) besok, rencananya petugas gabungan akan segera menutup 117 galian liar lainnya.

“Besok, kami akan menutup 117 lubang ilegal, sisa dari penutupan sebelumnya,” kata Kapolres Bogor, AKBP Suyudi Ario Seto, Sabtu (19/9/2015).

Petugas, lanjut Kapolres, juga akan menertibkan/menyita 3.803 mesin gelundungan emas serta 742 gubuk yang biasa digunakan gurandil –penambang emas ilegal- melakukan aktivitasnya.

“Kami juga telah menutup lima akses jalan yang biasa digunakan gurandil, yakni akses dari Kampung Pasirpasang, Bantarkarer, Gudanghandak, Pongkor, Blok Cepak Puspa di Desa Cisarua, dan Kampung Kopo Desa Malasari. Kami juga berhasil menangkap 22 pelaku gurandil di wilayah PT. Antam. Diantaranya 11 orang sebagai penadah barang curian berupa tanah yang mengandung biji emas,” katanya.

| pratama | ikbal |

print

You may also like...