Bekal Kesehatan Untuk Calon Pengantin

Pernikahan bukan hanya mempersatukan dua hati yang memiliki perasaan dan tujuan yang sama, namun untuk menghasilkan keturunan sebagai pewaris pasangan. Oleh karena itu, KUA Tanah Sareal Kota Bogor mengadakan kegiatan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Bagi Calon Pengantin dan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Bogor untuk penyampaian materi “Menjaga Kesehatan Reproduksi” di Aula KUA Tanah Sareal, Rabu (31/7/2019) yang dihadiri lebih dari 20 pasangan calon pengantin.

“sebelum pernikahan, calon pengantin harus memeriksa kesehatan yaitu pemeriksaan status kesehatan, pemeriksaan darah rutin seperti cek hemoglobin, suntik tetanus dan pemeriksaan urin” ujar dr. Suci Pudjianti selaku narasumber dari Dinas kesehatan Kota Bogor.

Calon pengantin harus memperhatikan angka hemoglobin pada darah. Ukuran HB (Hemoglobin) yang kurang dari 12,5 menunjukan bahwa tubuh mengalami anemia. Baik pria maupun wanita yang memiliki anemia akan mempengaruhi sperma dan ukuran tubuh bayi menjadi kecil atau stunting.

Persiapan gizi sangat penting bagi calon pengantin, terutama perempuan melalui penanggulangan KEK (Kekurangan Energi Kronis) dan anemia gizi.

Selain periksa kesehatan sebelum menikah, narasumber juga menyampaikan materi mengenai menjaga kesehatan pasca menikah seperti menjaga kebersihan organ reproduksi dan proses kehamilan.

“nanti untuk calon ibu yang hamil harus tetap makan walaupun mual agar janin tetap terjaga gizinya” lanjut dr. Suci. rls

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *