Apakah Telan Sperma Bermanfaat?

Hubungan badan yang dilakukan suami isteri merupakan kebutuhan yang harus terpenuhi. Agar nantinya mendapatkan keturunan alias anak. Namun, kadangkala pada saat hubungan badan banyak cerita bahwa isteri atau perempuan menelan sperma disaat suami atau pria ejakulasi.

Padahal fungsi utama sperma memang untuk membuahi sel telur, tapi siapa sangka jika sebagian orang meyakini menelan sperma justru ada manfaatnya. Seperti apa?

Dilansir Kompas.com, dijelaskan manfaat isteri atau perempuan menelan sperma suami atau pria ketika berhubungan badan. Apa saja manfaat itu?

1. Antidepresan alami
Penelitian 2002 menemukan perempuan yang tak sengaja menelan sperma memiliki suasana hati yang lebih baik dan memiliki risiko depresi lebih rendah.

2. Mengurangi kecemasan
Air mani mengandung hormon anti-kecemasan seperti oksitosin, serotonin, dan progesteron.


Baca juga: Gegara Ini Medsos Terancam Tak Bisa Digunakan


3. Meningkatkan kualitas tidur
Air mani yang berisi sperma juga mengandung melatonin yang bisa memicu keinginan untuk tidur.

4. Meningkatkan energi
Suatu penelitian 2016 menemukan air mani memiliki efek kardioprotektif atau melindungi jantung yang bisa membantu meningkatkan energi.

5. Meningkatkan daya ingat
Penelitian awal di tahun 2019 menemukan air mani dapat meningkatkan daya ingat.

6. Meningkatkan kewaspadaan mental
Studi lainnya menemukan perempuan yang menelan air mani memiliki kemampuan lebih baik dalam hal konsentrasi dan kognitif.

7. Mencegah preeklamsia
Studi 2000 menemukan ibu hamil yang menelan air mani risiko mengalami preeklamsia menurun.

8. Mencegah morning sickness
Manfaat lain air mani bagi ibu hamil adalah mencegah terjadinya morning sickness.

9. Baik untuk kulit
Banyak yang mempercayai cairan sperma dapat memperlambat proses penuaan kulit dan otot. Hal ini karena cairan mani mengandung seng yang merupakan antioksidan.

10. Pereda nyeri
Air mani mengandung beberapa bahan kimia seperti testosteron, estrogen, prolaktin, peptida opioid, oksitosin, serotonin, melatonin, dan norepinefrin. Bahan kimia itu dapat membantu meredakan nyeri.

Walau demikian, penelitian mengenai manfaat sperma tersebut masih minim dan membutuhkan studi lanjutan. Dengan kata lain, tak perlu sengaja menelan sel sperma untuk mendapatkan manfaat tersebut.

sumber: kompas.com

Editor: Adi Kurniawan

print

You may also like...