Angka Kematian Akibat Covid Meningkat, 2 Alat Berat Diturunkan

Meningkatnya jumlah warga yang meninggal akibat terjangkit covid 19, membuat petugas gali kubur kelelahan. Untuk itu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor menurunkan alat berat backhoe loader di dua tempat pemakaman umum (TPU), yakni TPU Situ Gede dan TPU Kayumanis.

“Angka kematian kasus Covid-19  meningkat, sehingga diperlukan percepatan untuk membuat lubang makam. Kami kerahkan 2 alat berat,” kata Kepala Dinas PUPR Kota Bogor, Chusnul Rozaqi.

Menurut Chusnul, kondisi penggali makam sudah kewalahan akibat banyaknya jenazah covid 19 yang harus dimakamkan. “Kami memberikan bantuan alat berat ini di TPU Situ Gede, agar lubang makam selalu siap. Sehingga bisa meringankan pekerjaan penggali makam, dan lebih cepat selesai penggaliannya,” katanya.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor, Juniarti Estiningsih, menambahkan, jumlah kematian kasus Covid-19 di Kota Bogor meningkat dalam dua pekan terakhir.

“Kami minta bantuan Dinas PUPR untuk menggali lubang makam menggunakan alat berat,” katanya.

Menurut Estiningsih, lahan pemakaman untuk jenazah Covid-19 di Kota Bogor seluruhnya ada sekitar 10 hektar yang tersebar di beberapa lokasi. Di TPU Kayumanis sekitar 5 hektare dan baru terpakai sekitar 1 hektare. Di TPU Situ Gede luas lahannya sekitar 5 hektare dan baru terpakai setengah hektare.

“Di TPU Mulyaharja Kecamatan Bogor Selatan, luas lahannya sekitar 5 hektare dan baru terpakai seperempat hektare,” ujarnya.

Penulis Pratama

Editor Herman

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *