55 Siswa SD Bogor Raya Kunjungi IPA Dekeng

Sebanyak 55 siswa dan enam guru pembimbing SD Bogor Raya kembali berkunjung ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) atau Water Treatment Plant (WTP) Dekeng, Selasa (13/3/2018). Mereka berkunjung untuk studi lapangan guna mengetahui proses pengolahan air di instalasi milik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor.

”Kunjungan ini merupakan bagian pelajaran, siswa kami ajak ke lapangan dalam hal ini WTP Dekeng, bukannya tanpa sebab. Kami ingin, setelah kembali dari sini (Dekeng-red), mereka menjadi mengetahui bagaimana proses pengolahan air, dan juga diharapkan ada awareness untuk lebih peduli dan berhemat dalam pemanfaatan air,” jelas Koordinator Kelas 3 SD Bogor Raya, Indrawati Handoko.

Para siswa pun antusias mengikuti penjelasan yang diberikan Kasubbag Pengolahan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Asep Yoga. Pertama, rombongan siswa SD Bogor Raya mendapat penjelasan dari Asep mengenai sumber air dan proses pengolahannya. Setelah itu, siswa diajak berkeliling meninjau langsung seluruh bagian WTP Dekeng.

”Kami dari PDAM berharap, adik-adik dari SD Bogor Raya setelah pulang dari WTP Dekeng, jadi semakin paham proses pengolahan air menjadi air minum. Dan, semoga mereka bisa lebih menghargai dan menghemat penggunaan air dan juga peduli lingkungan,” harap mantan Kepala Sub Bagian Laboratorium PDAM Kota Bogor itu.

Sementara itu, Indrawati Handoko mewakili lima rekannya berterima kasih atas kesempatan dari PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor. “Terima kasih untuk penjelasan dan kesediaannya menerima kunjungan siswa kami untuk kesekian kalinya. Semoga jalinan kerjasama ini bisa semakin erat,” jelas Indri, sapaan akrabnya.

WTP Dekeng sendiri melayani pelanggan di Zona 4 yang notabene merupakan jumlah pelanggan terbesar PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor yang berada di Zona 4. Adapun air minum hasil pengolahan dari WTP Dekeng, akan didistribusikan ke Reservoir 4 yang berada di Jalan Pajajaran, dekat Masjid Raya Bogor. Adapun kapasitas produksinya mencapai sekitar 1800 lt/det setelah uprating.

sumberpdamkotabogor.go.id

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *