400 HEKTAR ASET PEMKOT BOGOR HILANG

DARI  total wilayah Kota Bogor seluas 11.850 hektar, diketahui sebanyak 400 hektar telah menyusut atau bahkan hilang. Itu terungkap berdasarkan hasil pendataan yang telah dilakukan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor tahun 2014 ini.

Menyusut dan hilangnya aset milik Pemkot ini, diungkapkan Kepala Bappeda Hari Sutjahjo, terutama aset fisik berupa lahan yang berada di wilayah perbatasan antara Pemkot dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

“Berdasarkan hasil pendataan dan pengecekan di lapangan yang dilakukan pada tahun 2014 ini, potensi aset Pemkot Bogor yang berbentuk lahan mengalami penyusutan dari sekitar 11.850 hektar. Dimana saat ini diketahui telah hilang sekitar 400 hektar,” ungkap Hari.

Ia menjelaskan, kehilangan lahan yang merupakan aset milik Pemkot Bogor itu diantaranya karena termasuk ke dalam batas-batas wilayah milik Pemkab Bogor.

“Banyaknya potensi aset yang hilang itu diantaranya berada di wilayah Kecamatan Bogor Selatan dan Bogor Utara. Aset tersebut berada di antara perbatasan antara Kota dan Kabupaten Bogor. Banyak persoalan yang menyebabkan aset tersebut hilang, dan langkah antisipasi akan terus dilakukan Pemkot Bogor,” paparnya kepada kabaronline.

Berbagai bentuk antisipasi dan upaya penyelamatan aset-aset milik Pemkot itu, jelas Hari, diantaranya dengan melakukan pendataan ulang dan berkordinasi langsung dengan Pemkab Bogor termasuk ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

“Kita akan melakukan penyelamatan dan antisipasi dengan melakukan kordinasi dengan (pemerintah) Kabupaten Bogor dan (pemerintah) Provinsi Jawa Barat. Pendataan dan pengecekan lokasi aset-aset Pemkot Bogor ini akan terus dilakukan, dan wilayah perbatasan akan menjadi konsentrasi utama pendataan,” tandasnya. DA

print

You may also like...