Serem, Ini Ritual Mistis yang Bikin Heboh

BARU-baru ini, polisi di Guinea, Afrika menahan seorang dukun atas tuduhan menipu ratusan wanita agar percaya bahwa mereka sedang hamil. Modusnya dengan ritual mistis.
N’na Fanta Camara, nama tersangka, menargetkan para perempuan yang tak kunjung memiliki buah hati. Kepada para pasiennya, ia memberikan ramuan yang terdiri dari dedaunan, herbal, dan bahan obat tradisional lainnya — yang membuat perut mereka menggembung seperti hamil.
makamSeperti dikutip dari BBC, Sabtu (20/1/2018), para pasien membayar uang sebesar US$ 33 atau Rp 439 — jumlah yang besar di negara di mana rata-rata penghasilan pekerja US$ 48 atau Rp 639 ribu.
Polisi yakin, Camara menghasilkan uang puluhan juta rupiah sebulannya, meski perempuan itu berdalih, ia hanya ingin membantu.
Pada Selasa lalu, lebih dari 200 perempuan menggelar aksi demonstrasi di depan kantor polisi di ibu kota Conakry. Di sanalah Camara ditahan.
Total 700 perempuan, dari usia 17-45 tahun dilaporkan jadi korban ritual mistis sang dukun.
“Sudah setahun ia tak menampakkan batang hidungnya,” kata salah satu demonstran.
Ia mengaku, sang dukun meyakinkannya bahwa ramuan yang diberikannya itu berkhasiat.
Setelah mengonsumsi ramuan itu, perutnya pun membengkak. “Pelaku memeriksa perut kami, hanya dengan memegangnya, dan menyatakan bahwa kami sedang hamil,” kata wanita tak disebut namanya itu.
Camara wanti-wanti agar para pasiennya tak memeriksakan diri ke dokter. Ia juga minta ayam dan kain sebagai ucapan terimakasih.
Sejumlah perempuan dilaporkan terlihat seperti sedang hamil 12-16 bulan. Dokter polisi yang memeriksa 47 pasien mengatakan, mereka menderita komplikasi jangka panjang akibat perawatan sang dukun.
Namun, Camara menolak dianggap bersalah. “Aku bekerja keras untuk membantu mereka mendapatkan apa yang diinginkan. Sisanya, Tuhan yang menetukan,” kata dia.
Tak hanya di Guinea, berikut sejumlah ritual mistis yang pernah bikin heboh dunia, seperti dikutip dari berbagai sumber:
1. Pencurian Penis
Louisa Lombard, antropolog dari University of California, Berkeley mendeskripsikan kunjungannya ke sebuah kota kecil di Afrika Tengah, di mana dua pria mengklaim alat kelamin mereka dicuri.
Caranya luar biasa aneh. Konon seorang pengelana datang ke kampung mereka, membeli secangkir teh, menyerahkan uang, disusul jabat tangan. Penjual teh yang tangannya disalami mengaku merasakan sensasi seperti tersetrum.
Lalu, tiba-tiba alat kelaminnya hilang! Ia sontak menjerit panik, mengundang perhatian orang-orang di sekitarnya. Tiba-tiba di tengah kepanikan itu, pria kedua mengaku jadi korban.
Ini bukan lelucon. Bukan juga mistis. Melainkan, gangguan psikologis nyata yang disebut: koro. Korbannya, kebanyakan pria dan sebagian lainnya perempuan, yakin organ kelamin mereka menyusut atau masuk ke tubuhnya alias raib.
Kehawatiran tak hanya soal kelangsungan hubungan seksual mereka, ‘korban’ yakin, nyawa mereka juga terancam.
Untuk mencegah penyusutan organ kelamin lebih lanjut, korban melakukan “tindakan pencegahan”: mengikat alat kelamin mereka dengan tali atau logam — bahkan kadang-kadang anggota keluarga mereka harus rela memeganginya hingga pengobatan dilakukan. Biasanya dari dukun.
2. Ritual Pengorbanan Manusia
Pada 2017 lalu, Sebuah tas mencurigakan ditemukan warga di negara bagian Karnataka, India. Benar saja, saat dibuka, ada jasad gadis kecil di dalamnya.
Diduga, bocah malang itu bukan korban pembunuhan biasa. Sebab, ditemukan sejumlah material yang diduga biasa digunakan dalam praktik ilmu hitam.
Polisi yang menyelidiki kasus tersebut lalu menangkap dan menahan tiga orang. Mereka diduga terlibat dalam pembunuhan dan praktik pengorbanan manusia.
Seperti dikutip dari BBC, polisi mengatakan, korban dibunuh atas instruksi seorang tukang sihir atau dukun. Tujuannya, untuk menyembuhkan seorang pria yang mengalami kelumpuhan.
Saudara dan saudari pria tersebut termasuk yang ditahan. Mereka diduga berperan menculik dan membunuh gadis cilik itu.
Menurut pengakuan, mereka diberi tahu oleh dukun, bahwa mengorbankan gadis 10 tahun dalam ritual adalah satu-satunya cara membatalkan ‘ilmu hitam’ yang membuat saudara mereka jadi lumpuh.
reporterasep
Sumber : BBC
print

You may also like...