Lucunya Got di Jepang

INDUSTRI saluran air limbah di Jepang menemukan cara unik dalam menyingkirkan citra kotor dan bau dari sebuah got. Inisiatif ini disebut “manhole“, yaitu melukis saluran pembuangan.

Sebanyak 1.700 saluran got yang ada di perkotaan dan pedesaan di Jepang disulap menjadi wujud yang menarik.

Saluran pembuangan itu dibubuhi lukisan berwarna-warni dan digambari 12.000 tokoh kartun lokal, termasuk desain Hello Kitty, sehingga tampak kawaii (lucu).

Desain tersebut melambangkan panduan instan untuk menuju ke suatu tempat karena menampilkan sejarah, cerita rakyat, atau benda yang menjadi ciri khas kota itu. Desain kastil mewakili sebuah kota kuno, jembatan gantung mewakili sebuah pelabuhan dan Gunung Fuji mewakili sebuah kota yang ada di kakinya.

gotDi kota Tama, yang terletak di wilayah barat Tokyo, penduduk setempat menyematkan harapan mereka pada ikon kartun Jepang, Hello Kitty, untuk menarik perhatian wisatawan, tepatnya di samping taman kota.

“Kami senang jika orang-orang datang dan berjalan-jalan di kota kami sambil mencari-cari manholeHello Kitty,” kata pimpinan proyek tersebut, Mikio Narashima, dikutip dari Channel News Asia, Senin (15/1/2018).

Secara keseluruhan, ada sekitar 15 juta manhole di Jepang. Sebagian kecil telah memiliki penutup yang didesain penuh warna serta dicat dengan hati-hati.

Biaya untuk melukis satu penutup got sekitar US$ 600. Namun, harga disesuaikan dengan jumlah warna dan tingkat detail yang digunakan.

Veteran Shoji Morimoto mengaku bahwa rasa penasarannya membuncah setelah mengetahui saluran got di kota pusat Fukui digambari dua burung phoenix.

Dia kemudian mengetahui bahwa burung-burung imajiner itu merupakan simbol kebangkitan kota dari serangan udara mematikan Amerika Serikat tahun 1945 dan sebuah gempa dahsyat tiga tahun kemudian.

“Saya kadang-kadang melakukan penelitian mengapa kota ini memiliki desain tertentu. Saya terkesan setiap kali saya mengetahui bahwa desain itu mewakili sejarah dan budaya kota,” kata Morimoto.

Morimoto menambahkan, harga untuk satu desain manhole memang terbilang mahal, namun desain tersebut melambangkan orang-orang Jepang yang menyukai hal-hal detail.

Ia mengaku bahwa dirinya telah melihat semua manhole yang ditempatkan di daerahnya, di Fukui.

“Sekarang saya harus melakukan perjalanan jauh. Rasanya seperti berburu harta karun untuk orang dewasa,” tutur pria berusia 48 tahun ini.

Di sisi lain, lebih dari 3.000 orang dikabarkan telah menghadiri pertemuan puncak manhole di Jepang barat pada bulan November lalu.

Sejak keberadaan manhole mulai terkenal di Negeri Sakura dan menyebar di media sosial, orang-orang berbondong-bondong menemukan keberadaan manhole terbaik melalui hashtag #manhotalk.

***

Sumber : liputan6

print

You may also like...