Ini Manfaat Silica Gel yang Musti Kita Tau

KEBANYAKAN orang nggak tau banyak tentang fungsi lain silica gel. Kalau kamu beli sepatu baru, dompet atau makanan renyah biasanya ada bungkus kecil berwarna putih yang ada tulisannya silica gel, nah sebaiknya jangan dibuang yah.
Bubuk putih atau ada juga yang berbentuk kristal ini ternyata manfaatnya banyak, lho. Manfaat utama gel silika ini emang untuk nyerap suhu lembab yang ada disekitarnya biar tetap kering. Nah, ngeliat fungsi utamanya itu, kamu bisa pakek bubuk putih ini buat nyelametin banyak benda dari ancaman kerusakan. Nggak percaya? Scroll ke bawah, deh.
1. Mengeringkan ponsel yang basah
Seandainya smartphone-mu jatuh ke air atau kebasahan, silica gel bisa membantu mengeringkannya. Tinggal menengelamkan smartphone di gel silica ini bisa membuat ponsel kering. Daimkan selama 24 jam dan pastikan semua permukaan ponsel tertutupi oleh silica gel. Selain untuk menghilangkan kdar air dalam ponsel, kamu juga bisa mengunakan trik ini menjaga ponsel dari suhu lembab.
gel2. Menjaga foto dari kelembapan
Nggak mau dong kalau kenanganmu sama mantan, eh maksudnya pacar ternodai gara-gara suhu ruangan yang lembab. Nah, kamu bisa nyelipin di setiap halaman album foto dengan gel silika biar nggak mudah rusak fotonya.
3. Menjaga koleksi kartu agar tak rusak
Kalau kamu punya koleksi kartu atau mungkin note dari seseorang, simpan di sebuah kotak dengan silica gel agar tetap aman.
4. Menjaga dokumen penting
Kamu pasti punya dokumen penting yang harus dijaga seumu hidup, kan? Yah misal akta lahir ijasah, buku nikah, ups. Dokumen penting itu jangan sampai rusak gara-gara suhu ruangan yang lembab. Nah kamu bis anih mnafaatin silica gel untuk menjadi penjaga dokumen pentingmu.
5. Menjaga barang-barang di gudang atau di ruang bawah tanah
Dengan menyimpan barang-barang yang ada di box bersama silica gel, bisa mengusir bau tak sedap dan menjauhkan dari suhu lembab. Tak ada salahnya dicoba.
6. Menyimpan ornamen dan dekorasi natal dengan aman
Patikan kamu menaroh silica gel pada aksesoris Natal sebelum disimpan agar bila setahun lagi kamu akan menggunakan kembali maka pernak-pernik Natal masih tetap aman.
Nah, kalau udah tahu manfaat silica gel, pastiin nggak ngebuang bungkus kecilnya saat dapet dari berbagai produk, yah.
reporterasep
Sumber : Keepo.me
print

You may also like...