Panwaslu: Tak Puas, Bisa Banding

Hari ini, Panitia Pengawas Pemilu Kota Bogor akan segera memutuskan terkait sengketa Pilkada Kota Bogor yang dilakukan oleh bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor dari jalur perseorangan Ade Mashudi dan Linda Darlinah kepada Komisi Pemilihan Umum Kota Bogor, Jumat (15/12/2017).

Sebelumnya, menurut Ketua Panwaslu Kota Bogor Yustinus Elia, sidang pembacaan kesimpulan dilaksanakan Rabu (13/12/2017).

panwaslu“Sidang keenam akan dilaksanakan Jumat, hal tersebut dilakukan setelah tidak adanya kesepakatan antara bapaslon Ade dan Linda selaku pemohon dengan KPU selaku termohon. Dalam pembacaan kesimpulan, rabu kemarin, baik bapaslon maupun KPU tetap pada keputusan semula sehingga dalam musyawarah tadi tidak ada kesepakatan. Kalau tidak ada kesepakatan sesuai peraturan Bawaslu 15/2017, diserahkan kepada majelis sidang dalam hal ini Panwaslu Kota Bogor untuk mengambil keputusan,” kata Yustinus.

Menurut Yustinus, Keputusan Panwaslu nanti setelah melalui kajian keterangan-keterangan saksi dan bukti-bukti disampaikan, serta lainnya dari persidangan perdana sampai keenam. Kajian dilakukan komisioner Panwaslu termasuk kordinasi dengan Bawaslu Provinsi Jawa Barat dan pusat.

“Jika kemudian kedua belah pihak merasa tidak puas dengan keputusan Panwaslu, maka dapat mengajukan upaya banding di Pengadilan Tata Usaha Negara. Begitu pula selanjutnya menempuh ke Mahkamah Agung,” katanya.

reporterpratama

print

You may also like...