Batal Aksi di Borobudur, Ribuan Muslim Salat Gaib untuk Rohingya di Masjid An Nuur

foto okezone.com

Aksi peduli Rohingya batal dilakukan di Candi Borobudur. Ribuan umat Islam dari berbagai ormas pun melaksanakan Salat Jumat berjamaah diteruskan dengan Salat Gaib di Masjid An Nuur, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Salat Gaib digelar untuk mendoakan warga Rohingya yang meninggal dalam konflik di Rakhine, Myanmar. Usai Salat, massa berorasi menyampaikan pendapat mengecam aksi kekerasan dilakukan junta militer Myanmar terhadap etnis Rohingya.

Pantauan Okezone, Jumat (8/9/2017), Masjid An Nuur tak mampu menampung seluruh jamaah yang datang. Sebagian besar di antara mereka meluber ke luar, salat di halaman masjid di tengah terik matahari. Bahkan banyak jamaah yang harus salat di jalan, depan masjid.

Usai Salat Gaib, massa lanjut berorasi. Teriakan takbir berulang kali terdengar lantang sebelum orasi yang mengecem tindakan junta militer Myanmar menindas Muslim Rohingya.

“Saudara muslim kita di Rohingya harus kita bantu, jangan biarkan pembantaian itu terjadi dibiarkan begitu saja, kita harus bersatu untuk membantu saudara sesama muslim di Rohingya,” teriak orator.

Di tengah orasi, sebagian massa membawa kardus menggalang dana untuk membantu Muslim Rohingya.

Massa aksi juga membagikan makanan dan minuman gratis pada masyarakat. Sebagian toko yang berada di sekitar masjid justru tutup karena ada aksi massa.

Sementara warga sekitar yang biasa menjalankan Salat Jumat di Masjid An Nuur banyak juga yang beralih ke masjid lain, sebab Masjid An Nuur penuh jamaah. “Jumatan di masjid belakang karena di sana sudah penuh,” kata Rahman, warga sekitar.

sumberOkezone.com

print

You may also like...