Tantangan Pertanian Makin tak Mudah

Tantangan pertanian ke depan semakin tidak mudah. Oleh karenanya pengambilan keputusan soal pangan dan pertanian harus berdasarkan kebenaran, data, fakta dan kepentingan nasional jangka panjang. Jika tidak, kedaulatan pangan tidak akan pernah bisa dicapai.

Hal ini disampaikan Rektor Institut Pertanian Bogor Herry Suhardiyanto di sela-sela pembukaan Dies Natalis ke 54 IPB di Lapangan Gymnasium Kampus IPB Dramaga, Senin (4/9/2017).

“Sebagai kampus yang bersentuhan dengan pertanian, kami akan mendorong pemerintah agar sistem produksi pangan yang ada serta pengambilan kebijakan pangan berdasarkan ilmu pengetahuan, data, fakta, dan kebenaran. Tidak ada toleransi pengambilan keputusan yang hanya menguntungkan pihak tertentu,” ujar Herry.

Menurut dia, selama 10 tahun terakhir, IPB telah menyumbangkan sejumlah pemikiran serta inovasi di bidang pangan mulai dari varietas unggul hingga teknologi pangan dan peternakan. Meski demikian, dia menilai sumbangan itu belum lah berarti jika kebijakan yang diambil pemerintah masih belum mensejahterakan petani dan malah menguntungkan pihak tertentu.

Oleh karenanya, ke depan IPB akan terus mendorong pemerintah agar kebijakan yang diambil tidak menyisihkan petani. Apalagi, sejumlah komoditas pangan penting kita masih bergantung pada impor, yang pada ujungnya menguntungkan pihak tertentu.

Sementara itu Ketua Panitia Dies Natalis IPB Meika Syahbana Rusli menambahkan dalam usianya yang ke 54 tahun, dia berharap IPB semakin cepat tinggal landas serta berkontribusi secara nyata bagi pembangunan pertanian nasional.

Dia mengakui selama 10 tahun terakhir sudah banyak sumbangan IPB kepada dunia pertanian. Hanya saja, selama kedaulatan pangan belum terwujud, Meika menilai tugas panjang itu masih terus ada.

Dalam kegiatan pembukaan itu juga menjadi penanda dimulainya perkuliahan mahasiswa baru IPB. Sejumlah atraksi diperagakan untuk menyambut mahasiswa baru yang berjumlah total 7.681 orang dari berbagai jenjang tersebut.

Reporterdenyhendrayana

print

You may also like...